PGN Tertarik Membeli Gas Blok Masela

Anggita Rezki Amelia
20 Juni 2017, 21:11
PGN
Arief Kamaludin | Katadata

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk menyatakan ketertarikannya membeli gas dari Blok Masela. Pertimbangannya, perkembangan industri di Indonesia bagian timur terutama kawasan sekitar blok tersebut.

Direktur Utama PGN Jobi Triananda Hasjim mengatakan gas Masela itu nantinya bisa digunakan industri yang ada, yakni Petrokimia. Jadi PGN juga bisa membangun pipa untuk menyalurkan gas itu. "Long term sih tertarik, apalagi melihat perkembangan industri di sana," kata dia di Jakarta, Selasa malam (20/6).

(Baca: Pemerintah Siap Berikan Insentif Bagi Pembeli Gas Blok Masela)

Selain gas pipa, PGN juga tidak menutup kemungkinan membeli dalam bentuk cair (LNG). Jika sepakat nantinya gas itu bisa dimanfaatkan ke daerah yang membutuhkan energi dengan porsi besar, seperti di Pulau Jawa. 

Apalagi semakin lama jumlah pelanggan PGN membesar. Alahasil agar kebutuhan pelanggan terpenuhi, perusahaan BUMN ini, perlu ada menyediakan pasokan yang banyak. Saat ini PGN mengelola gas bumi sekitar 1.600 mmscfd untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. 

Dari data PGN, pelanggannya terdiri dari beberapa golongan. Rinciannya sebanyak 1.652 pelanggan berasal kalangan industri dan pembangkit listrik, komersial dan UKM jumlahnya 1.952, dan 204 ribu pelanggan dari rumah tangga.

(Baca: PGN Butuh Rp 333 Triliun untuk Infrastruktur Gas Hingga 2025)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...