BPJS Kesehatan Defisit, Menko Puan Minta Pemda Patungan

Michael Reily
21 Juni 2017, 17:38
BPJS kesehatan
ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

Pemerintah tengah mencari opsi pengendalian defisit program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) - Kartu Indonesia Sehat (KIS) alias BPJS Kesehatan. Salah satu opsi yang menguat yakni meminta pemerintah daerah (pemda) untuk mengalokasikan anggarannya untuk membantu membiayai program tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menjelaskan, dalam Undang-undang Nomor 39 Tahun 2009 tentang kesehatan telah diatur bahwa Pemda harus menganggarkan minimal 10 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk pembiayaan kesehatan masyarakat. Dana inilah yang dibidik pemerintah.

"Saya meminta dikaji opsi-opsi mengendalikan defisit BPJS ini dengan sistem gotong royong, bukan hanya gotong royong iuran dari non-PBI (Penerima Bantuan Iuran) tapi peran pemda yang ada di 34 provinsi di 531 kabupaten/kota," kata Puan usai melakukan rapat koordinasi di kantornya, Jakarta, Rabu (21/6).

Selama ini, pemasukan dari iuran BPJS kesehatan memang lebih kecil dibandingkan dengan pengeluaran untuk membayar klaim pesertanya. Alhasil, pemerintah harus menutup defisit program tersebut melalui mekanisme penyertaan modal negara (PMN). Tahun ini, Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris memprediksi defisit anggaran BPJS Kesehatan berkisar Rp 3,6 triliun. (Baca juga: Membengkak, Defisit Jaminan Kesehatan Tahun 2018 Diramal Rp 10 Triliun)

Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo menerangkan, untuk bisa merealisasikan peran daerah dalam pembiayaan BPJS Kesehatan, pemerintah bakal merumuskan peraturan baru. "Secara total menurut aturan (undang-undang) kan 10 persen dari APBD itu untuk belanja kesehatan. Nah, dari 10 persen ini kami atur supaya ada sebagian untuk fungsi BPJS kesehatan,” ucap Puan. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...