Cegah Kecelakaan, Tol Pemalang-Grinsing Hanya Dibuka Siang Hari

Dimas Jarot Bayu
22 Juni 2017, 19:52
Jokowi
Biro Pers Sekretariat Presiden

Pemerintah membatasi akses jalan tol fungsional Trans Jawa untuk ruas Pemalang-Grising. Ruas tol ini hanya bisa dilalui oleh pemudik saat terang, yakni mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB. Penjadwalan akses tol ini dilakukan untuk meminimalisasi kecelakaan di malam hari.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan kondisi jalan di ruas tol tersebut masih kurang laik untuk dilintasi pemudik. Sepanjang ruas tol Pemalang-Grinsing masih belum dilengkapi dengan beton pemisah tepi jalan. (Baca: Gelap dan Belum Beraspal, Kondisi Tol Yang Digratiskan Saat Mudik)

Kondisi jalannya pun masih bergelombang dan berlubang. Selain itu, ruas tol Pemalang-Grinsing masih belum seluruhnya dilengkapi lampu penerangan jalan, jadi sangat rawan jika dilalui pada malam hari. "Malam enggak ada lampu. Ya sudah kami operasikan jam 6 pagi sampai jam 6 sore," ujarnya saat ditemui di Galeri Nasional, Jakarta, Kamis (22/6/2017).

Menurutnya tidak tertutup kemungkinan akses tol tersebut tetap dibuka pada malam hari. Hal ini akan dilakukan jika dalam kondisi darurat, seperti kemacetan panjang. Keputusan ini pun sudah melalui koordinasi dengan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

"Kepala Korlantas cuma minta dengan syarat kalau macet tetap bisa difungsikan. Kami putuskan daripada malam itu terjadi sesuatu yang tidak diinginkan," kata Budi. (Baca: Upaya Pemerintah Antisipasi Kerawanan Jalur Mudik Jawa)

Budi juga mengimbau agar pemudik mengemudikan kendaraannya secara perlahan dengan kecepatan maksimal 40 kilometer per jam. Batas kecepatan maksimal ini untuk mencegah terjadinya kendaraan terguling di ruas tol Pemalang-Grinsing.

Sebelumnya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan beberapa ruas tol Trans Jawa yang difungsikan ini masih gelap dan belum berlapis aspal, hanya perkerasan beton tipis (lean concrete). Beberapa ruas tersebut adalah Pejagan (Brebes Timur)-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang.

Lampu penerangan jalan tol ini masih belum terpasang seluruhnya. Tak hanya gelap di malam hari, saat siang pun kondisi jalannya berdebu, sehingga menghalangi pandangan pengendara.Basuki sudah menyampaikan kebutuhan untuk menambah lampu penerangan jalan, reflektor lampu mobil, serta penanda arah keluar dan masuk tol.

(Baca: Tiga Jalur Mudik Disiapkan untuk Cegah Horor Brexit)

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...