Luhut Janjikan Tragedi Brexit Tak Terulang pada Mudik 2017

Dimas Jarot Bayu
23 Juni 2017, 10:34
Mudik Cipali
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Sejumlah kendaraan pemudik memadati tol Cipali-Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (21/6).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan berharap peristiwa kemacetan yang menyebabkan 12 orang tewas di pintu keluar tol Brebes Timur (Brexit) tahun lalu tak akan terulang pada mudik kali ini. Dia mengklaim pemerintah telah mempersiapkan mudik kali ini dengan maksimal.

"Seperti Brexit yang kita takutkan tahun lalu, insyaAllah tidak terjadi lagi karena sudah ada jalan darurat, tol darurat (fungsional) yang sudah kami siapkan. Tapi tentu malam hari belum bisa dilalui, karena masih berbahaya," ujarnya. (Baca Ekonografik: 6 Cara Hidari Macet di Brexit)

Advertisement

Luhut menjelaskan tahun ini pemerintah telah menyiapkan jalan darurat berupa tol fungsional untuk mengantisipasi kemacetan panjang. Beberapa ruas jalan tol baru telah difungsikan dengan total panjang 402 kilometer. Ruas tol ini terdiri dari tol Trans Jawa sepanjang 337 kilometer dan Trans Sumatera sepanjang 65 kilometer.

Ruas tol Trans Jawa yang akan difungsikan mulai dari Brebes Timur hingga Weleri di Jawa Tengah, sepanjang 110 km. Setelah Weleri, jalan tol ini terputus dan pemudik diarahkan melewati jalan lain. Pemudik bisa melalui tol Trans Jawa yang fungsional mulai dari Semarang (Jawa Tengah) hingga Surabaya (Jawa Timur). Ruas tol tersebut adalah  Semarang-Salatiga, Solo-Ngawi-Kertosono, hingga Kertosono-Surabaya.

(Baca: Tiga Jalur Mudik Disiapkan untuk Cegah Horor Brexit)

Sedangkan ruas Trans Sumatera yang siap difungsikan adalah ruas Palembang-Indralaya seksi I, Bakauheni-Terbanggi Besar segmen Simpang Susun (SS) Kotabaru hingga SS Lematang, Medan-Binjai seksi 2 dan 3, serta tol Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi.

Luhut juga mengklaim angkutan massal yang dipersiapkan untuk mudik kali ini sudah cukup bagus. Pemerintah menambah angkutan massal dengan melihat adanya lonjakan penumpang sebesar 4 persen atau mencapai 19 juta orang pada musim mudik tahun ini.

(Baca: Harga Tiket 20 Kereta Ekonomi Bakal Naik Setelah Lebaran)

Selain itu, kesiapan angkutan mudik juga telah dimonitor. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya telah melakukan pengecekan kelaikan (ramp check) terhadap seluruh moda transportasi yang disiapkan beroperasi pada masa Angkutan Lebaran 2017.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement