Memulihkan Kondisi Keuangan Setelah Momen Lebaran

Pingit Aria
27 Juni 2017, 09:00
Mudik di Bandara Juanda
ANTARA FOTO/Umarul Faruq
Para pemudik di Bandara Juanda, Surabaya, Senin (19/6).

Tunjangan Hari Raya (THR) untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun swasta telah dicairkan sejak pekan lalu. Maka kecuali kantor Anda bermasalah, tunjangan itu seharusnya telah Anda terima dan belanjakan. Masalahnya adalah jika Anda terlanjur belanja berlebih, sementara tagihan dan kebutuhan sehari-hari telah menanti.

Belanja aneka sandang dan pangan untuk persiapan Lebaran memang salah satu tujuan pembagian THR. Namun, masih banyak keperluan lain yang bisa dibiayai dengan THR, perjalanan mudik dan sedekah di kampung halaman misalnya.

Advertisement

(Baca juga: Banyak Promo, Pengunjung Toko Online Berlipat Ganda Jelang Lebaran)

Hanya, sebelum ritual mudik itu terlaksana, ada banyak godaan untuk berbelanja, terutama di Ibu kota. Momen Ramadan yang bertepatan dengan Jakarta Great Sale misalnya, membuat Anda harus berusaha ekstra keras untuk menahan diri dari belanja berlebih. Belum lagi jika ada kejadian tak terduga saat mudik yang membuat Anda terpaksa mengeluarkan dana tambahan.

"Jika kita disiplin menjalankan prinsip, gaji untuk kebutuhan rutin dan THR untuk kebutuhan lebaran seharusnya masalah defisit tersebut tidak akan terjadi," ujar Sari Insaniwati, seorang CFP Financial Planner Mitra Rencana Edukasi saat dihubungi, Kamis (23/6).

Lalu apa yang harus dilakukan jika perayaan Lebaran overbudget, sementara Anda harus segera kembali menghadapi realita hidup?

(Baca juga: Seluruh THR dan Pensiun ke-13 PNS Bakal Cair Sebelum 23 Juni)

Jika uang memang sudah minim, Sari menjelaskan, mau tidak mau kita harus mengambil tabungan sebelum gajian selanjutnya datang. Namun, Anda harus lebih ketat berhemat jika terlanjur berhutang. Berikut adalah beberapa cara yang harus dilakukan untuk memulihkan kembali kondisi keuangan setelah Lebaran:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement