Evaluasi Mudik, Pemerintah Akan Tambah Rest Area di Jalan Tol

Michael Reily
4 Juli 2017, 10:45
Mudik Cipali
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Sejumlah kendaraan pemudik memadati tol Cipali-Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (21/6).

Bercermin dari kondisi arus mudik dan arus balik Lebaran 2017, pemerintah merencanakan pembangunan sarana dan prasarana untuk tahun depan. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal menyiapkan beberapa tempat peristirahatan tambahan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sepanjang musim mudik, penggunaan tempat peristirahatan (rest area) semakin tinggi. Banyak pemudik yang memanfaatkan rest area di tol untuk melepas lelah sejenak dalam perjalanannya. (Lihat: Hajatan Tahunan, Kemacetan di Jalur Mudik)

Advertisement

Karena kebutuhannya yang cukup tinggi, pemerintah merasa perlu menambah jumlah rest area sepanjang tol jalur mudik. "Justru ini menjadi peluang bisnis bagi pengelola jalan tol," kata Budi di Kantor Kemenhub, Senin, (3/7).

Menurutnya hal yang harus diperhatikan dalam pembangunan rest area adalah pintu masuk yang lebar, sehingga bisa mencegah terjadinya kemacetan. Dia mencontohkan pintu tol Cikarang Utama sebanyak 31 gate, yang mampu menguraikan kemacetan.

(Baca: Tol Fungsional Jakarta - Semarang Ditargetkan Beroperasi 2018)

Sejalan dengan target penyelesaian tol dari Jakarta hingga Semarang tahun depan, Budi mengusulkan untuk memperbanyak rest area dengan menonjolkan kearifan lokal. Dia mengaku telah menghubungi pihak Jasa Marga untuk membuat desain tempat peristirahatan yang menarik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement