Kajian Teknis Reklamasi Teluk Jakarta Akan Rampung Bulan Ini

Dimas Jarot Bayu
5 Juli 2017, 12:21
Reklamasi
Arief Kamaludin|KATADATA
Lokasi reklamasi Pantura Pulau C-D, di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Rabu (4/5).

Pemerintah akan segera menyelesaikan kajian teknis reklamasi Teluk Jakarta. Saat ini kajian teknis masih diproses oleh tim Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan diperkirakan rampung bulan ini.

"Kajian teknisnya masih di PUPR. Mereka bilangnya Juli sudah ada interim report (laporan antara)," kata Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Ridwan Djamaludin ketika dihubungi Katadata, Selasa (4/7).

Ridwan menuturkan, kajian pemerintah akan membahas fungsi reklamasi secara global sebagai upaya perlindungan Ibukota. Kajian tersebut, kata Ridwan, melibatkan berbagai ahli yang berasal dari dalam negeri, Belanda, Jepang, dan Korea.

(Baca: Menko Luhut: Hak Anies-Sandi Hentikan Reklamasi Teluk Jakarta)

Pemerintah membuat kajian reklamasi Teluk Jakarta melibatkan lintas kementerian yakni Kementerian Lingkungan Hidup, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, dan PUPR di bawah koordinasi Menko Kemaritiman.

Reklamasi Teluk Jakarta kini dalam status diberhentikan sementara (moratorium) sejak April 2016 oleh Rizal Ramli saat menjabat Menko Maritim.  

Selama masa kampanye pemilihan kepala daerah Jakarta, Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno mengusung ide penghentian reklamasi.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...