Istana: Keluarga Jokowi Ikut ke Italia dan Jerman Pakai Dana Pribadi

Ameidyo Daud Nasution
10 Juli 2017, 09:45
Jokowi Turki
Laily Rachev|Biro Pers Setpres

Kunjungan Presiden Joko Widodo dan lima anggota keluarganya ke Turki dan Jerman pada 5-9 Juli 2017 sempat menjadi perbincangan banyak pihak. Pihak istana kepresidenan membantah anggapan kunjungan Jokowi dan keluarganya membebani uang negara.

Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin menjelaskan lima orang anggota keluarga Jokowi yakni dua orang putra, satu orang putri, satu orang menantu, selama kunjungan ke Turki dan Jerman menggunakan dana pribadi.

Jokowi telah memberikan pengarahan kepada Plt Kepala Sekretariat Presiden Winata Supriatna, mengenai penggunaan dana pribadi untuk biaya akomodasi keluarganya, dua hari sebelum keberangkatan.

“Dalam arahan tersebut, Presiden menegaskan bahwa seluruh biaya perjalanan dan akomodasi anggota keluarga Presiden yang turut serta dalam perjalanan ke Turki dan Jerman menjadi tanggungan pribadi Presiden,” ungkap Bey dalam siaran persnya Minggu (9/7).

(Baca: Bertemu Erdogan, Jokowi Ingin Rebut Pasar Turki dari Tangan Malaysia)

Bey memaparkan anggota keluarga Jokowi selama penerbangan berada di bagian kompartemen yang selama ini hanya diperuntukkan bagi presiden dan ibu kepala negara. "Sehingga keberadaan mereka tidak mengurangi kapasitas penumpang rombongan resmi Presiden," kata Bey.

Sementara itu Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan sejak awal pemerintahan, Jokowi telah memerintahkan agar pemerintah melakukan efisiensi dalam penggunaan anggaran negara termasuk perjalanan dinas Presiden.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...