Diterpa Kabar Reshuffle, Menko Darmin: Saya Tidak Mengerti

Ameidyo Daud Nasution
12 Juli 2017, 21:55
Darmin Nasution
Arief Kamaludin|KATADATA

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengaku tidak tahu-menahu perihal rencana perombakan (reshuffle) kabinet jilid IV yang akan diumumkan dalam waktu dekat ini. Ia pun terlihat santai menanggapi kabar yang disebut-sebut turut menyeret namanya tersebut.

Meski tidak mengetahui rencana perombakan dan pergeseran posisi menteri, Darmin mengaku pernah membaca hal tersebut di sebuah media massa. "Saya tidak pernah dengar malah (rencana reshuffle). Baca di koran saja," katanya usai menjadi pembicara di acara Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Jakarta, Rabu (12/7). "Tapi memang saya tidak mengerti soal itu (reshuffle)," kata Darmin sambil tertawa.

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla enggan mengomentari kabar perombakan kabinet tersebut. Ia pun hanya tersenyum ketika ditanyai perihal kabar itu.

Kalla meminta wartawan menanyakan kepada yang lebih berwenang, yakni Presiden Joko Widodo. "Tanya beliau saja," katanya. (Baca: Muliaman, Yahya Staquf, Moeldoko Disebut Bakal Masuk Kabinet)

Berdasarkan informasi yang diperoleh Katadata, Jokowi telah merampungkan proses perombakan kabinet pada awal pekan ini. Pembahasannya melibatkan Wakil Presiden Jusuf Kalla sejak bulan puasa dan sejumlah ketua partai politik pendukung pemerintah pada masa libur lebaran akhir Juni lalu.

Selanjutnya, Presiden akan segera mengumumkan keputusannya tersebut. "Tergantung Presiden waktunya. Tapi, biasanya Hari Rabu, atau bisa juga Kamis," kata sumber tersebut, Selasa (11/7). (Baca: Reshuffle Kabinet, Jokowi Ganti dan Kocok Ulang Posisi Strategis)

Salah satu kursi menteri yang disebut-sebut terkena reshuffle adalah Menteri Korrdinator Bidang Perekonomian. Informasinya,  Darmin akan diganti oleh Luhut Binsar Pandjaitan, yang saat ini menjabat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...