Beroperasi 17 Agustus, Simpang Susun Semanggi Diuji Beban Besok

Pingit Aria
12 Juli 2017, 13:20
Simpang Susun Semanggi
ANTARA FOTO/Reno Esnir
Suasana proyek pembangunan simpang susun Semanggi di Jakarta, Selasa (14/3).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menjalankan uji beban di Simpang Susun Semanggi, Jakarta, mulai Kamis besok (13/7). Uji coba ini merupakan bagian dari persiapan tahap akhir sebelum Presiden Joko Widodo meresmikan operasional landmark baru Jakarta tersebut pada 17 Agustus 2017 mendatang.

"Simpang Susun Semanggi segera menjalani uji beban statik dan dinamik jembatan untuk mendapat sertifikat layak fungsi," demikian dikutip dari keterangan Kementerian PUPR, Rabu (12/7).

Advertisement

Keberadaan simpang susun ini diharapkan dapat mengurangi beban kepadatan lalu lintas di sekitar ruas jalan Gatot Sobroto dan Jalan Jendral Sudirman hingga 30 persen.

Uji coba proyek senilai Rp 345 miliar ini akan digelar mulai Kamis besok hingga akhir bulan Juli ini. Tim pengujinya berasal dari Komite Keamanan Jembatan Panjang dan Terowongan Jalan (KKJTJ) Kementerian PUPR.

(Baca juga: Jokowi Minta Dua Kementerian Infrastruktur Berhemat Rp 2,5 Triliun)

Secara konstruksi, proyek Simpang Susun Semanggi dibagi dalam empat bentang jalan layang. Keempatnya yakni Bentang Plaza Semanggi, Bentang Polda Metro Jaya, Bentang Hotel Sultan dan Bentang Wisma Mulia atau BRI.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement