Atasi Macet, Jasa Marga Akan Seragamkan Tarif Tol Jagorawi

Ameidyo Daud Nasution
16 Juli 2017, 10:00
Antre Gerbang Tol
ANTARA FOTO/Andika Wahyu
Sejumlah kendaraan antre memasuki gerbang tol Cibubur di jalan tol Jagorawi, Jakarta Timur, Rabu (15/3).

PT Jasa Marga Tbk siap memberlakukan kebijakan satu tarif pada ruas tol Jakarta - Bogor - Ciawi (Jagorawi) pada tahun ini. Sekretaris Perusahaan Jasa Marga Agus Setiawan mengatakan saat ini rencana tersebut sedang dikaji oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Penyeragaman tarif tersebut merupakan buntut rencana peniadaan Gerbang Tol Cimanggis serta Cibubur yang sering mengakibatkan kemacetan. Nantinya, kendaraan yang menuju Bogor dari arah Jakarta akan membayar tol di pintu keluar (off ramp). Sedangkan untuk arah sebaliknya akan membayar tol di pintu masuk (on ramp).

"Ini bentuk peningkatan pelayanan dari kami untuk mengurangi antrean. Konsekuensinya, tarif akan jadi sama," kata Agus kepada Katadata, Jumat (14/7). (Baca juga: Rampung Akhir 2018, Jokowi Minta Tol Balikpapan Disambung ke Bontang)

Agus mengatakan, Jasa Marga masih mengkaji besaran tarif ideal tol Jagorawi nantinya. Ia memprediksi akan ada kenaikan pada tarif jarak pendek. Sebaliknya, untuk ruas jarak panjang tarifnya otomatis akan mengalami penurunan.

"Berapa tarifnya masih belum karena menunggu evaluasi Kementerian PUPR," katanya.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...