Pemerintah Kejar Sertifikasi Simpang Susun Semanggi Beres Bulan Ini

Ameidyo Daud Nasution
18 Juli 2017, 16:58
Semanggi
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Foto dari udara area Simpang Susun Semanggi di Jakarta, 14 Juli 2017.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Rakyat Basuki Hadimuljono menjanjikan sertifikat laik fungsi Simpang Susun Semanggi akan segera rampung. Sebab, Pemerinah Provinsi DKI Jakarta mengejar target operasional simpang susun ini pada 29 Juli mendatang.

Sementara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikannya pada 17 Agustus 2017. "Kami bertanggung untuk laik fungsi. Mudah-mudahan sertifikat segera selesai," kata Basuki usai bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat di Gedung Kementerian PUPR, Selasa (18/7).

Advertisement

Basuki menjelaskan, uji beban statis dan dinamis telah dijalankan di Simpang Susun Semanggi sejak pekan lalu. Puluhan dump truck dengan muatan penuh dilibatkan dalam uji beban itu. (Baca juga: Beroperasi 17 Agustus, Simpang Susun Semanggi Diuji Beban Besok)

Tak hanya Simpang Susun Semanggi, Basuki dan Djarot juga membahas beberapa proyek infrastruktur lain di DKI Jakarta. Di antaranya adalah jalur busway koridor 13 yang melayani rute Tendean – Ciledug.

Rute TransJakarta yang melalui jalan layang tersebut semula direncanakan beroperasi mulai 22 Juni 2017, bertepatan dengan ulang tahun Jakarta ke-490. Namun, rencana itu terganjal belum beresnya proses sertifikasi di Kementerian PUPR.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement