Pertamina Kantongi Tiga Calon Mitra Kilang Bontang

Anggita Rezki Amelia
18 Juli 2017, 10:34
Kilang Minyak
KATADATA
Kilang Minyak

PT Pertamina (Persero) menyatakan sudah ada tiga calon kuat yang akan menjadi mitranya dalam membangun kilang minyak di Bontang, Kalimantan Timur.  Jumlah ini merupakan hasil seleksi dari puluhan perusahaan yang sudah mendaftar. 

Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Rachmad Hardadi mengatakan ketiga calon mitra tersebut masih dalam tahap evaluasi untuk menentukan calon terpilih. "Nanti pilihannya bisa-bisa di luar dari yang dibayangkan," kata dia di gedung DPR, Senin malam (18/7).

(Baca: Jokowi Minta Pertamina Ubah Standar Akuntansi Agar Proyek Kilang Mulus)

Hardadi belum mau menyampaikan siapa saja tiga kandidat tersebut. Yang jelas, pemenang akan diumumkan dalam waktu dekat setelah ada konfirmasi dari Dewan Direktur Pertamina. Apalagi ini merupakan proyek strategis nasional.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar sebelumnya pernah mengatakan ada dua negara yang akan telah mengerucut dan akan menjadi mitra Pertamina di kilang Bontang, yakni Kuwait dan Tiongkok. "Sekarang yang leading itu ada dua, yakni Kuwait dan Tiongkok," ujar dia di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (9/5).

Namun, keputusan yang akan menjadi mitra di Kilang Bontang ada di tangan Pertamina. Alasannya hal itu adalah kewenangan dari perusahaan pelat merah tersebut. (Baca: Kuwait dan Tiongkok Calon Kuat Mitra Pertamina di Kilang Bontang)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...