PAN Walk Out di Paripurna, Setnov Klaim Sudah Maksimal Upayakan Lobi

Dimas Jarot Bayu
21 Juli 2017, 18:33
Paripurna RUU Pemilu
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Ratusan anggota DPR dari empat fraksi yakni Gerindra, PAN, PKS dan Demokrat melakukan aksi walk out dalam sidang paripurna pengesahan UU Pemilu Jumat (21/7) dini hari.

Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto mengklaim telah mengupayakan melobi Partai Amanat Nasional (PAN) agar satu suara dengan kubu pendukung pemerintah dalam pembahasan Undang-undang Pemilu.

“Kami sudah maksimal melakukan lobi, memberikan kesempatan untuk hal-hal terbaik yang menjadi keinginan fraksi termasuk PAN,” kata Setya Novanto di kantor Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar, Jumat (21/7).

Advertisement

PAN merupakan satu-satunya partai koalisi pemerintah yang melakukan aksi walk out atau meninggalkan ruang sidang saat pengambilan keputusan pengesahan RUU Pemilu di paripurna kemarin.  Selain PAN, tiga fraksi di luar pemerintah yakni Gerindra, PKS dan Demokrat melakukan aksi yang sama.

Keempat fraksi ini berbeda pendapat dengan mayoritas suara di dewan yang mendukung pemerintah. Dengan walk out empat fraksi, sidang paripurna secara aklamasi memutuskan lima isu krusial dalam UU Pemilu yakni presidential threshold (20-25%), parliamentary threshold (4%), sistem pemilu (terbuka), alokasi kursi (3-10 kursi), metode konversi suara (saint lague murni).

(Baca: Setya Novanto Sahkan UU Pemilu, Empat Fraksi Walk Out)

Setnov menilai meski PAN berbeda sikap, bukan berarti harus dikeluarkan dari koalisi. “Kami tetap mendukung Jokowi. Keputusan tetap dalam koalisi atau tidak, saya serahkan kepada partai masing-masing,” kata Setnov.

Berkebalikan dengan Setnov,  Sekretaris Fraksi PAN Yandri Susanto menyatakan kecewa dengan karena upaya lobi yang dilakukan partainya mentok saat pembahasan RUU Pemilu di paripurna.  Yandri mengatakan sebelum pembahasan di sidang paripurna, PAN telah melobi berbagai pihak di kubu pemerintah dan partai pendukung.

Dia menuturkan, PAN telah menemui Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto. Selain itu, PAN juga telah sowan kepada Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani dan PDIP.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan memang tampak menemui Presiden Jokowi pada Selasa (18/7) lalu. Ketika itu Zulkifli bertemu secara tertutup selama satu jam dengan Jokowi. 

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement