Rapat Hingga Larut Malam, BI Tahan Bunga Acuan 4,75%

Ameidyo Daud Nasution
21 Juli 2017, 01:22
Bank Indonesia
Agung Samosir|Katadata

Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk kembali menahan bunga acuan di level 4,75%. Langkah tersebut sejalan dengan upaya BI untuk mendukung pemulihan ekonomi domestik serta mengantisipasi risiko global, terutama yang berasal dari Amerika Serikat (AS).

Keputusan tersebut diumumkan setelah dewan gubernur menggelar rapat hingga larut malam pada Kamis (20/7). Meski begitu, Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Doddy Budi Waluyo meyakinkan tidak ada sesuatu hal yang serius yang menyebabkan panjangnya proses pengambilan keputusan.

“Ini assessment (penilaian) komprehensif kami lihat data yang ada hingga posisi terakhir serta data global sehingga perlu waktu ekstra. Enggak ada sesuatu yang serius yang menjadi faktor kenapa perlu waktu lama,” kata Arbonas di Gedung BI, Jakarta, Kamis (20/7).

Selain menahan bunga acuan, BI juga menahan suku bunga fasilitas simpanan (deposit facility) dan fasilitas pinjaman (lending facility), masing-masing di level 4% dan 5,5%. (Baca juga: Antisipasi Inflasi dan Tekanan Global, BI Diramal Tahan Bunga 4,75%)

Direktur Departemen Komunikasi BI Arbonas Hutabarat Arbonas menerangkan, pemulihan ekonomi domestik terus berlanjut namun tidak sekuat perkiraan semula terutama akibat perlambatan konsumsi. Adapun tekanan inflasi diperkirakan sedikit berkurang di bawah perkiraan semula akibat permintaan yang masih lemah dan terkendalinya harga pangan. 

Inflasi bulanan pada Juni atau Lebaran lalu tercatat 0,69%, lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata inflasi periode Lebaran dalam tiga tahun terakhir yang sebesar 0,85%. Sementara itu, Inflasi inti tercatat sebesar 0,26%, lebih rendah dari pola historis inflasi inti periode lebaran tiga tahun terakhir sebesar 0,40%.

Penurunan inflasi inti ini mencerminkan permintaan domestik yang masih lemah, selain nilai tukar yang stabil dan ekspektasi inflasi yang terkendali.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...