Landasan Bandara Halim Terkelupas, Banyak Penerbangan Tertunda

Dimas Jarot Bayu
28 Juli 2017, 23:41
Garuda Indonesia
Donang Wahyu|KATADATA

Landasan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta yang mengalami pengelupasan, pada Jumat (28/7) menyebabkan serangkaian delay atau keterlambatan sejumlah penerbangan. Perbaikan pengaspalan ulang yang memakan waktu empat jam hingga pukul 13.00 WIB, mempengaruhi serangkaian rotasi penerbangan hingga malam hari.

Maskapai berbiaya murah (LCC) Citilink Indonesia merupakan salah satu maskapai yang mengalami keterlambatan.  "Hampir seluruh penerbangan reguler di Halim Perdanakusuma, termasuk Citilink Indonesia mengalami keterlambatan, bahkan kami mengalihkan beberapa penerbangannya sesuai prinsip keamanan  dan keselamatan penerbangan," kata VP Corporate Communications Citilink Indonesia Benny S Butarbutar di Jakarta, hari ini.

Advertisement

Manajemen Citilink Indonesia menyatakan minta maaf atas ketidaknyamanan akibat faktor di luar kendali maskapai atau force majure. Sesuai PM No.89 Tahun 2015 tentang Delay Management, maskapai tidak diharuskan memberikan kompensasi atas kejadian yang berada di luar jangkauan perusahan penerbangan.

(Baca: Citilink Rombak Rute Penerbangan untuk Dongkrak Keuangan Garuda)

"Namun demikian manajemen mengeluarkan kebijakan untuk segera memberikan makanan dan minuman ringan  kepada penumpang, walau tidak ada keharusan dalam kasus ini. Begitu juga dengan pemintaan refund yang kami penuhi," katanya.

Landasan halim mengalami pengelupasan setelah dilewati pesawat Garuda Airlines jenis Boeing 777-300GA pada Jumat (28/7) pukul 09.05 WIB. Garuda  tersebut mengangkut kloter pertama jemaah haji menuju Madinah, Arab Saudi.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement