Darmin: Keuntungannya Besar kalau Dana Haji untuk Infrastruktur

Miftah Ardhian
1 Agustus 2017, 13:07
Darmin Nasution
Arief Kamaludin|KATADATA
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution

Pemerintah berencana menggunakan dana haji untuk mendanai pembangunan infrastruktur. Alasannya, selain memberikan manfaat yang lebih besar ke masyarakat melalui pengembangan infrastruktur, penggunaan dana haji ini akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan dana jangka panjang seperti dana haji akan lebih menguntungkan jika diinvestasikan ke sektor infrastruktur, dibanding hanya disetorkan ke deposito perbankan.

Advertisement

Dia mencontohkan, tingkat pengembalian investasi atau Internal Rate of Return (IRR) penggunaan dana haji untuk membiayai proyek infrastruktur berkisar di angka 12-13 persen. Keuntungan ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan deposito perbankan yang hanya sebesar 5-6 persen.

"Sehingga dia akan menerima return sebulan pasti lebih tinggi dari deposito. Pasti lebih tinggi dari bagi hasilnya saham," ujar Darmin saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (1/8). (Baca: Dana Haji untuk Infrastruktur, Indonesia Akan Belajar dari Malaysia)

Menurutnya, dana tersebut juga tidak begitu saja diberikan untuk membiayai proyek infrastruktur. Nantinya, penggunaan dana ini akan disalurkan melalui penerbitan obligasi, khususnya Surat Utang Negara (SUN) untuk membiayai proyek-proyek infrastruktur tersebut.

Dana haji ini pun dapat menyerap obligasi proyek infrastruktur ini melalui skema syariah maupun konvensional. "Kan tidak harus dalam bentuk syariah, pokoknya obligasi. Obligasi itu Anda baca bismillah saja sudah syariah," ujarnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan penggunaan dana haji harus mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Apalagi saat ini pemerintah telah membentuk  Badan Pelaksana Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement