Rombak 41 Pejabat, Jonan Minta Dirjen Migas Baru Tingkatkan Eksplorasi

Anggita Rezki Amelia
2 Agustus 2017, 20:31
Ego Syahrial
@KementerianESDM
Pelantikan Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Ego Syahrial, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Perencanaan Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis, (18/08), tahun lalu.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memiliki beberapa harapan kepada Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) yang baru Ego Syahrial. Di antaranya adalah meningkatkan eksplorasi dan pengembangan teknologi pengurasan sumur migas (Enhanced Oil Recovery/EOR).

Jonan yakin harapan tersebut bisa dilaksanakan oleh lulusan Tri Sakti jurusan Teknik Perminyakan itu. “Dia kan latar belakangnya geolog, dan kami perlu di bidang itu untuk meningkatkan upaya eksplorasi dan melakukan EOR yang benar," kata dia usai pelantikan di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu,(8/2).

(Baca: Jonan Dikabarkan Copot Wiratmaja, Ego Syahrial Jadi Dirjen Migas)

Latar belakang ini juga yang menjadi alasan Jonan melantik Ego Syahrial menggantikan I.G.N. Wiratmaja Puja sebagai Dirjen Migas. Dengan keahlian di bidang geologi, Ego dianggap mengerti seluk beluk eskplorasi yang selama ini menjadi tantangan dalam pengembangan blok-blok migas. 

Sebelum menempati posisi Dirjen Migas, Ego memang menjabat sebagai Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM. Ia dilantik menjabat posisi tersebut oleh pelaksana tugas (plt) Menteri ESDM Luhut Binsar Pandjaitan pada 18 Agustus 2016.

Ego juga pernah menjadi pejabat di Biro Perencanaan Kerja Sama saat Menteri ESDM Jero Wacik. Selain itu pernah mengecap sebagai Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatim) Kementerian ESDM. Pengalaman lainnya adalah sebagai Koordinator Kelompok Program Riset Teknologi Eksploitasi di Lembaga Minyak Bumi dan Gas (Lemigas) pada 2010.

Di sisi lain, Wiratmaja Puja ditunjuk menjadi  Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral. Alasannya adalah pengalaman dalam bidang pendidikan. 

Jadi Jonan pun menugaskan Wirat untuk membenahi beberapa sektor di BPSDM, salah satunya Sekolah Tinggi Energi Mineral (STEM) Akamigas Cepu yang dikelola Kementerian ESDM. Sehingga bisa menciptakan lulusan-lulusan yang bisa berkompetensi di sektor migas. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...