PLN Kantongi Restu Pemerintah Miliki Tambang Batubara

Anggita Rezki Amelia
4 Agustus 2017, 20:57
Tambang batubara
Donang Wahyu|KATADATA

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) akhirnya mendapatkan lampu hijau dari pemerintah mengelola tambang batubara.  Tujuannya mengamankan pasokan batubara ke pembangkit dan menjaga tarif listrik hingga ke konsumen.

Direktur Pengadaan Strategis 2 PLN Supangkat Iwan Santoso mengatakan saat ini hampir 55% pembangkit listrik berasal dari batubara. Jika tidak memiliki tambang batubara, PLN akan sangat bergantung pasokan dari perusahaan lain. Ini bisa membuat tarif tidak pasti karena harga batubara berfluktuasi.  

Advertisement

(Baca: Tekan Biaya, PLN Minta Diizinkan Punya Tambang Batu Bara)

Namun, dengan memiliki tambang batubara, pasokan menjadi lebih pasti dan menghindari adanya permainan harga. "PLN sudah diberi lampu hijau oleh pemerintah silakan untuk akuisisi tambang," kata Supangkat di Kementerian ESDM, Jumat (4/8).

Menurut Supangkat, PLN bisa bekerja sama dengan perusahaan lain dalam mengelola tambang batubara itu. Kontrak kerja samanya nanti bersifat jangka panjang dengan harga jual batubara yang lebih terjangkau.

Supangkat menargetkan, tahun ini PLN sudah bisa mengelola tambang batubara tersebut. "Diharapkan tahun ini sudah ada progress supaya kami bisa menjaga biaya dan tarif," kata dia. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement