Bank Indonesia Optimistis Pertumbuhan Ekonomi 2017 Sesuai Target

Ameidyo Daud Nasution
7 Agustus 2017, 21:26
agus martowardojo
Arief Kamaludin|KATADATA

Bank Indonesia (BI) mash optimistis pertumbuhan ekonomi sepanjang 2017 akan mencapai target sebesar 5,2%. Meski, Badan Pusat Statistik mencatat pertumbuhan ekonomi pada semester I 2017 hanya mencapai 5,01%.

“Kami optimis pada kuartal ketiga dan keempat ekonominya (tumbuh) di atas 5,2%, jadi sepanjang tahun masih tetap dikisaran 5% hingga 5,4%,” kata Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo di Gedung Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta, Senin (7/8).

Untuk memacu pertumbuhan ekonomi, Agus menyatakan, Bank Indonesia akan berkoordinasi dengan pemerintah untuk mendorong konsumsi masyarakat. Meski, ia belum menyebut bentuk intervensi atau stimulus yang akan diberikan.

(Baca juga: Masyarakat Kelas Menengah Berhemat, Penjualan Rumah Melambat)

“Secara umum bentuk penyikapannya pemerintah akan merespons dengan keberpihakan di sektor riil dan fiskal, sementara kami dari Bank Indonesia akan melihat di sektor moneter,” tuturnya.

Sementara, terkait stagnasi pada pertumbuhan ekonomi di paruh pertama tahun ini, Agus melihat dua penyebab. Yang pertama adalah gaji ke-13 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang baru disalurkan pada Juli 2017.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...