Keputusan Pertamina Kelola Ladang Minyak di Iran Tertunda Empat Bulan

Anggita Rezki Amelia
8 Agustus 2017, 19:03
Pertamina
Katadata | Arief Kamaludin

PT Pertamina (Persero) masih harus menunggu empat bulan lagi untuk mendapatkan kepastian mengelola ladang minyak di Iran. Hal ini merupakan hasil dari pertemuan pemerintah Indonesia dengan Iran akhir pekan lalu.

Dalam kunjungannya, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar sudah menyampaikan niat Pertamina untuk bisa mengelola dua lapangan minyak Ab-Teymour dan Mansouri di Iran. Namun memang sampai saat ini belum ada keputusan dari pemerintah Iran.

(Baca: Pertamina Bidik Dua Blok Migas di Iran)

Menurut Arcandra, salah satu penyebab mereka belum memutuskan proposal yang diajukan Pertamina karena kabinet pemerintah Iran baru terbentuk pekan ini. Ini mengingat negeri para mullah tersebut baru saja melakukan proses pemilihan Presiden.

Meski begitu, Pemerintah Iran menjanjikan akan memutuskan pemenang blok tersebut dalam beberapa bulan ke depan. “Mereka akan putuskan siapa pemenang dari pengelola blok empat bulan dari sekarang,” ujar dia di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (8/8).

Untuk mengelola ladang minyak itu, Pertamina juga harus bersaing dengan beberapa perusahaan migas lainnya. Mereka yakni Lukoil dari Rusia dan Maersk dari Denmark.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...