Peluang NPL BNI di Bawah 2,8% Lewat Restrukturisasi Kredit Dua Debitor

Miftah Ardhian
8 Agustus 2017, 16:00
bank bni
KATADATA

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) masih terbelit kredit macet dari dua perusahaan, yang maisng-masing bergerak di sektor retail dan manufaktur plastik. Jika restrukturisasi kredit berjalan lancar maka rasio kredit bermasalah BNI dapat turun lebih rendah dari target 2,8% pada akhir tahun ini.

Rasio kredit seret atau non performing loan (NPL) BNI pada paruh pertama tahun ini sebenarnya menunjukkan penurunan menjadi 2,8% dari 3% pada akhir tahun lalu. Meskipun NPL bersih (netto) bank pelat merah ini menunjukkan kenaikan menjadi 0,7% dari 0,4% pada akhir 2016.

Advertisement

Senior Executive Vice President Remedial & Recovery BNI Yuddy Renaldi menjelaskan, penurunan rasio NPL karena kondisi beberapa sektor usaha sudah mengalami perbaikan. Salah satunya sektor komoditas, seperti pertambangan batubara.

Selain perbaikan usaha debitor secara alamiah, BNI juga melakukan restrukturisasi kredit bermasalah dan macet. Restrukturisasi kredit seret itu meliputi sektor usaha pertambangan, tekstil, barang konsumsi (consumer goods) dan kelapa sawit.

Upaya tersebut telah membuahkan hasil. Jumlah kredit yang direstrukturisasi pada semester I-2017 turun menjadi Rp 29,4 triliun. Adapun, rasionya terhadap total kredit membaik menjadi 7,1% dari 8,4% pada periode sama 2016.

Menurut Yuddy, saat ini ada dua perusahaan yang memiliki kredit seret dengan nilai yang besar di BNI. Pertama, kredit PT Trikomsel Oke Tbk (TRIO) sebesar Rp 1,3 triliun. Kredit seret perusahaan retail ponsel dan telekomunikasi ini sudah berlangsung sejak tahun lalu. Tahun ini, kredit tersebut sudah dihapusbukukan.

Nilai kredit Trikomsel itu mencapai 38% dari total kredit yang dihapusbukukan sebesar Rp 3,47 triliun pada semester I-2017. Adapun, tingkat pengembalian (recovery) kredit itu sebesar 31,6% atau senilai Rp 1,1 triliun.

Rasio tersebut lebih tinggi dibandingkan periode sama tahun lalu yang sebesar 26,9% atau senilai Rp 531 miliar dari total kredit yang dihapusbukukan Rp 1,97 triliun.

Kedua, kredit PT Namasindo Plas sebesar Rp 1,5 triliun. Berbeda dengan kredit seret Trikomsel yang akhirnya dihapus dari pencatatan buku keuangan BNI, kredit Namasindo malah memperbesar kredit seret karena kolektabilitasnya turun ke level Dalam Perhatian Khusus pada Juni lalu.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement