Geliat Sektor Konstruksi, Pendapatan United Tractors Naik 69%

Asep Wijaya
9 Agustus 2017, 21:10
United Tractor
United Tractor
United Tractor

Industri konstruksi yang sedang tumbuh, berdampak signifikan terhadap PT United Tractor Tbk. Pendapatan United Tractor sepanjang enam bulan pertama tahun ini mencapai Rp 29,4 triliun, naik 30,4 persen dibandingkan semester I tahun lalu. Pertumbuhan sektor konstruksi lebih tinggi dibandingkan sektor tambang. 

Pada semester I-2017, sektor pertambangan menyumbang 58,5 persen dan sektor konstruksi 41,5 persen. Porsi pertambangan turun dari semester I-2016 yang mencapai 65,4 persen. Industri tambang yang lesu, terutama batu bara, membuat pertumbuhan penjualan di sektor ini rendah. United Tractor mencatat penjualan batu bara nasional semester I-2017 turun hingga 18 persen dari 4.46 juta ton, menjadi 3,63 juta ton.

Meski penjualan batu bara menurun, produksi batu bara dalam negeri tetap naik sebesar 4 persen dan kegiatan pemindahan tanah naik 6 persen. Hal ini membuat United Tractor tetap bisa mendapat pertumbuhan penjualan alat berat merek Komatsu di sektor pertambangan. (Baca: Aturan Stabilisasi Investasi Tambang Ditargetkan Selesai Bulan Ini)

Penjualan Komatsu naik hingga 69 persen menjadi 1.751 unit pada semester I-2017. Sekitar 51 persen penjualan Komatsu disumbang dari sektor pertambangan. Padahal, semester I tahun lalu kontribusi penjualan Komatsu di sektor ini hanya 23 persen.

Direktur Utama United Tractors Gidion Hasan menargetkan penjualan Komatsu sebanyak 3.250 unit tahun ini. Target ini dinilai realistis mengingat geliat industri di sektor pertambangan terlihat akan membaik. Ekspektasi akan tetap kuatnya harga batubara turut mendorong volume permintaan alat berat yang terus berlanjut hingga akhir tahun. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...