Elnusa Incar Apexindo, Bersiap Bantu Pertamina Kelola Blok Migas

Miftah Ardhian
10 Agustus 2017, 11:44
BLOK MAHAKAM
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Pengeboran sumur oleh rig Maera milik Apexindo di Blok Mahakam, Kalimantan Timur, 7 Agustus 2017.

Perusahaan layanan terintegrasi minyak dan gas bumi PT Elnusa Tbk menyatakan minatnya mengakuisisi sebagian saham PT Apexindo Pratama Duta Tbk, yang merupakan perusahaan penyedia jasa pengeboran migas. Minat tersebut sudah disampaikan manajemen Elnusa yang merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero) ini kepada pemegang saham Apexindo.

Direktur Keuangan Elnusa Budi Rahardjo mengungkapkan, saat harga minyak dunia mengalami penurunan signifikan sekarang, banyak perusahaan yang menemui manajemen Elnusa. Perusahaan-perusahaan itu menawarkan berbagai kerja sama, bahkan ada pula yang menawarkan sebagian sahamnya kepada Elnusa.

Advertisement

Alasannya, harga minyak dunia yang rendah membuat industri hulu migas tidak bergairah dan berdampak pada kinerja perusahaan pendukung industri tersebut. Salah satunya adalah Apexindo.

"Iya, (Apexindo) salah satu yang ketemu dengan kami," ujar Budi kepada Katadata di sela-sela paparan publik Elnusa di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (9/8). (Baca: Apexindo Gaet Kontrak Baru Pengeboran Blok Mahakam dari Total)

Meski begitu, Budi mengatakan, Elnusa masih mengkaji secara mendalam terkait aksi korporasi tersebut. Bahkan, kemungkinan rencana akuisisi  saham Apexindo tersebut belum dapat terealisasi tahun ini.

Penyebabnya, harga minyak dunia yang rendah juga mempengaruhi kinerja keuangan Elnusa. Minyak mentah Brent saat ini diperdagangkan pada harga US$ 52,45 per barel dibandingkan US$ 106,84 per barrel pada 9 Agustus 2014.

"Tapi ya kami pasti tertarik (Apexindo). Memang, banyak hal yang membuat kami tertarik, tapi nanti akan dilihat lagi," ujarnya.

Pertimbangan Elnusa membidik Apexindo sejalan dengan penugasan pemerintah kepada Pertamina untuk mengelola delapan blok migas yang habis masa kontraknya dalam 1-2 tahun ke depan. Alhasil, Elnusa akan mendapatkan kontrak jasa pengeboran dan jasa lainnya dari perusahaan induknya tersebut.

Hal ini membuat Elnusa yakin akan terus mengalami pertumbuhan bisnis walaupun harga minyak belum menunjukkan tanda-tanda kenaikan dalam jangka panjang.

Pemilik Apexindo

Apexindo mencatatkan total aset sebesar Rp 667,3 miliar pada akhir Maret 2017. Posisi kas dan setara kas perusahaan sebesar Rp 27,8 miliar.

Halaman:
Reporter: Yudi S.A.
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement