Usai Studi Banding ke Amerika, Yudhoyono Institute Diresmikan AHY

Yuliawati
Oleh Yuliawati
10 Agustus 2017, 22:02
The Yudhoyono Institute
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute Agus Harimurti Yudhoyono berpidato saat peluncuran The Yudhoyono Institute di Jakarta, Kamis (10/8).

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meresmikan peluncuran The Yudhoyono Institute (TYI), di Ballroom Djakarta Theater, Jakarta Pusat, malam ini.

SBY  merupakan penggagas dan pendiri The Yudhoyono Institute. SBY menggagas lembaga ini sekitar tahun 2014, sebelum jabatannya sebagai presiden ke-6 berakhir. Untuk mempersiapkan lembaga ini, SBY menugaskan anak buahnya melakukan proses studi banding ke lima lembaga di Amerika Serikat.

Advertisement

“Saya dan beberapa orang teman dikirim ke Amerika untuk studi banding ke lima presidential center dan institute,” kata  Ni Luh Putu Caosa Indryani yang menjabat Chief Communication Officer The Yudhoyono Institute  ketika dihubungi Katadata, Kamis (10/8).

AHY didapuk sebagai direktur eksekutif lembaga ini. The Yudhoyono Institute disebut sebagai lembaga think tank yang bersifat independen, non politik praktis, dan fokus pada isu-isu strategis baik lingkup nasional, regional, maupun global.

(Baca: Tanggapi SBY-Prabowo, Jokowi: Sekarang Tak Ada Lagi Kekuasaan Absolut)

Lembaga ini berencana menyiapkan kader-kader pemimpin masa depan, dalam rangka mewujudkan Indonesia Emas 2045.  Pada saat itu, kata AHY, Indonesia akan meraih 100 tahun kemerdekaannya dan diharapkan menjadi negara yang aman dan damai; adil dan sejahtera; serta maju dan mendunia.

"Dengan berdirinya The Yudhoyono Institute ini, nantinya diharapkan dapat melahirkan generasi masa depan, calon pemimpin bangsa yang berjiwa patriotik, berakhlak baik, dan unggul, yang dapat membawa Indonesia menjadi bangsa yang maju dan niscaya dapat menjadi bangsa yang memimpin di dunia internasional di masa mendatang,” kata AHY dalam siaran pers.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement