Sandiaga Uno Ingin BUMD Jakarta Melantai di Bursa

Miftah Ardhian
11 Agustus 2017, 14:23
Sandiaga
ANTARA FOTO/Atika Fauziyyah

Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta Sandiaga Uno akan mendorong Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk melakukan penawaran saham perdana (initial public offering/IPO). Langkah ini diambil agar perusahaan milik daerah tersebut bisa mandiri dalam segi permodalan.

Sandiaga mengatakan, saat ini, dirinya ingin BUMD yang ada untuk mempersiapkan laporan keuangan, masalah hukum, dan persyaratan lainnya untuk melakukan IPO.

Sandiaga ingin, BUMD berdiri sebagai entitas bisnis yang mandiri secara permodalan. Untuk itu, perlu diversifikasi kebutuhan modal BUMD tersebut dengan mengakses pasar modal melalui IPO, penerbitan obligasi, dan produk lainnya.

"Kami ingin penyertaan modal pemerintah bisa ditopang dari pasar modal dengan mereka (BUMD) melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Saya rasa yang berpotensi di bidang infrastruktur dan properti," ujar Sandiaga saat ditemui di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (11/8).

(Baca juga:  Glodok Sepi, Sandiaga Akan Ubah Jadi Pusat Olahraga dan Digital)

Menurut Sandiaga, BUMD tidak terus-menerus mengandalakan suntikan modal dari pemerintah provinsi DKI Jakarta. Alasannya, anggaran yang ada akan difokuskan ke arah peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan.

Selanjutnya, Sandiaga mengatakan, pemerintahannya nanti juga harus memastikan berbagai lapisan masyarakat Jakarta bisa memiliki saham dari BUMD ini maupun perusahaan lainnya. Hal ini perlu dilakukan agar kesenjangan antara si kaya dengan si miskin tak melebar. 

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...