Jokowi, Prabowo dan Gatot Nurmantyo Diusung Jadi Bakal Capres PAN

Dimas Jarot Bayu
18 Agustus 2017, 20:36
Partai Amanat Nasional
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah) didampingi Sekjen PAN Eddy Soeparno (kiri) dan Wakil Ketua DPP PAN Bara Hasibuan (kanan) memberikan keterangan di DPP PAN, Jakarta, Jumat (30/12).

Partai Amanat Nasional (PAN) mempertimbangkan tiga orang yang akan diusung sebagai calon presiden dalam Pemilu Presiden 2019. Tiga calon presiden yang diperhitungkan PAN yakni Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

Ketua DPP PAN Yandri Susanto mengatakan ketiga nama tersebut akan dibahas dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN yang akan diselenggarakan pada 21-23 Agustus 2017 di Bandung. Dia mengatakan hasil Rakernas yang akan menentukan pengerucutan pada satu nama atau malah hanya menyebutkan kriteria capres.

"Terbuka untuk dibahas, dibahas itu kan bisa jadi sebut nama, bisa jadi kriteria. Itu saya belum bisa mendahului, tapi itu terbuka untuk dibahas," kata Yandri, Jumat (18/8).

(Baca: Tanpa PAN, Petinggi Fraksi Partai Koalisi Kunjungi Jokowi)

Mengenai masuknya Gatot Nurmantyo sebagai bakal calon presiden yang akan diusung PAN, kata Yandri, sosok dan kepribadian Gatot yang dianggap layak menjadi capres atau cawapres.

"Kriteria menjadi pemimpin sudah ada di diri beliau. Pak Gatot itu kan dari prajurit bawah, dari Akmil (Akademi Militer), Letda (letnan dua) sampai jenderal penuh," tutur Yandri kepada wartawan.

Yandri mengatakan, pembahasan calon presiden diperlukan mengingat Pemilu Presiden akan diadakan serentak dengan Pemilu Legislatif pada 2019 mendatang. Nantinya, keputusan terkait pencalonan presiden tersebut akan menjadi rekomendasi untuk Rakernas PAN di tahun depan guna persiapan Pemilu Serentak 2019.

PAN merupakan partai yang menyatakan mendukung mengusung Jokowi. Namun, koalisi PAN dengan pemerintahan renggang karena partai tersebut kerap berseberangan. (Baca: PAN Absen di Rapat Koalisi, Jokowi Klaim Kirim Undangan)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...