Puluhan Kontraktor Migas Belum Bayar Kewajiban Hingga Rp 5 Triliun

Anggita Rezki Amelia
Oleh Anggita Rezki Amelia - Arnold Sirait
22 Agustus 2017, 17:53
Pekerja migas
Dok. ExxonMobil

Puluhan kontraktor minyak dan gas bumi (migas) masih menunggak membayar kewajibannya kepada pemerintah sebesar US$ 376,45 juta atau sekitar Rp 5 triliun. Kewajiban ini berupa pembayaran komitmen pasti dan bonus tanda tangan.

Untuk komitmen pasti yang belum terbayarkan nilainya mencapai US$ 371 juta atau Rp 4,9 triliun. Piutang itu tidak dibayarkan 33 kontraktor migas. Padahal itu adalah kewajiban yang harus dibayarkan kontraktor setelah menandatangani kontrak.

(Baca: Puluhan Kontraktor Migas Menunggak ke Negara Rp 5,6 Triliun)

Kepala Divisi Program dan Komunikasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Wisnu Prabowo Taher angka itu sudah menyusut dari status per 21 Juli 2017 yang mencapai US$ 415 juta atau Rp 5,5 triliun. "Sebesar US$ 44 juta sudah dibayar, dari total US$ 415 juta," kata dia kepada Katadata, Senin (21/8).

Setidaknya ada lima kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) yang sudah membayat tunggakan tersebut. Empat di antaranya berafiliasi dengan perusahaan migas asal Prancis, Total E&P Indonesie dengan total pembayaran piutang empat blok tersebut sebesar US$ 40 juta.

Adapun kontraktor tersebut adalah Total E&P Indonesie Mentawai B.V tang menjadi operator Bengkuku I-Mentawai. Kemudian Total E&P Indonesie South Sageri B.V. di South Sageri. Ada lagi Total E&P Indonesie West Papua di South West Bird’s Head.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...