Menteri Susi Gandeng BRI dan BNI Bantu Pendanaan Nelayan

Michael Reily
25 Agustus 2017, 17:08
Susi Pudjiastuti
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Susi Pudjiastuti menyapa nelayan peserta lomba hias kapal di kawasan Pelabuhan Kali Adem, Jakarta, Minggu (7/5).

Kementerian Kelautan dan Perikanan menandatangani nota kesepahaman dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Negara Indonesia (BNI) untuk membantu nelayan. Kerja sama ini bertujuan membantu kegiatan penangkapan ikan serta produktivitas usaha nelayan.

"Hal seperti ini merupakan tanda pemerintah bersama perbankan mendukung, mendorong, dan memikul ekonomi Indonesia," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Jakarta, Jumat (25/8).

Advertisement

Menurut Susi, KKP bertanggung jawab memberikan data dan informasi nelayan yang berpotensi diberikan fasilitas layanan perbankan. Selain itu, pemerintah bakal memberikan pendampingan teknis dan sosialisasi kepada nelayan.

Saat penandatanganan MoU, ada juga beberapa nelayan dari Pantai Utara (Pantura) Jawa yang hadir. Mereka adalah salah satu target dari pembangunan ekonomi lewat sektor kelautan dan perikanan. (Baca juga:  Jepang Siap Bantu Pembangunan 6 Sentra Perikanan di Indonesia)

Lalu, BRI bakal mengakomodasi kegiatan perbankan lewat pembukaan rekening simpanan nelayan. Selain itu, ada penyediaan Teras BRI Mobile dan agen BRILINK di pelabuhan perikanan.

Direktur Utama BRI Suprajarto menjelaskan tugas utama perbankan adalah ikut serta dalam pengembangan sektor perikanan dan siap bersinergi untuk mendukung sektor perikanan dengan kartu jaringan nelayan. Dia juga menyebut BRI sudah memiliki 3 kapal yang telah berkeliling di daerah terluar Indonesia.

"Kami berharap bisa menjadikan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) maju," ujar Suprajarto.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement