Pemerintah Bidik Rp 14 Triliun dari Pameran Produk Ekspor

Michael Reily
28 Agustus 2017, 10:48
Trade Expo Indonesia
Arief Kamaludin|KATADATA
Pengunjung memperhatikan produk kain tenun di salah satu gerai peserta pameran Trade Expo Indonesia ke-30 Tahun 2015 di Arena Pekan Raya Jakarta, Kemayoran, Jakarta, Rabu (21/10). Pameran tahunan yang menampilkan berbagai produk Indonesia berkualitas eksp

Pemerintah bakal menyelenggarakan pameran  Trade Expo Indonesia (TEI) 2017 pada 11-15 Oktober mendatang. Pada gelaran tahunan yang akan dihelat di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Tangerang ditargetkan nilai transaksi mencapai US$ 1,1 miliar atau Rp 14,6 triliun.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Arlinda berharap kehadiran lebih dari 16 ribu pembeli internasional dan 1.100 peserta dalam ajang tersebut.

"TEI diharapkan dapat mendongkrak pergerakan industri dan bisnis Indonesia sekaligus mendorong sektor-sektor pendukungnya," kata Arlinda dalam keterangan resmi, Jakarta, Sabtu (26/8) lalu.

Ia menyebut, saat ini sudah ada 1.065 pembeli dari 66 negara yang telah mendaftar secara online. Selain itu juga sudah ada 5.009 permintaan untuk produk manufaktur, makanan minuman, busana gaya hidup, furnitur, jasa, dan industri strategis dan kreatif.

(Baca juga:  KKP Ingin Perluas Ekspor Ikan Segar ke Timur Tengah)

Menurutnya, Kementerian Perdagangan terus berupaya untuk mendatangkan buyer mancanegara melalui kerja sama dengan kantor perwakilan Indonesia di luar negeri, seperti Kantor Berita Republik Indonesia (KBRI), Indonesian Trade Promotion Center (ITPC), International Trade Promotion Office, dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin). Mereka bakal menyebarluaskan informasi tentang penyelenggaraan TEI.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...