Menkominfo: Investor Akan Percaya Kalau Jack Ma yang Bicara

Ameidyo Daud Nasution
31 Agustus 2017, 20:13
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara
Arief Kamaludin | Katadata

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara kembali menjelaskan alasan pemerintah memilih bos Alibaba yakni Jack Ma sebagai penasihat steering comittee peta jalan (road mape-commerce Indonesia. Dia mengatakan hal ini erat kaitannya dengan kepercayaan investor untuk masuk dan berinvestasi di Indonesia.

Rudiantara mengatakan pemerintah saat ini memiliki peta jalan e-commerce yang jelas diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 74 Tahun 2017 tentang Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik tahun 2017-2019. Dalam road map ini pemerintah menargetkan total transaksi e-commerce pada 2020 bisa mencapai US$ 130 miliar.

(Baca: Bos Alibaba, Jack Ma Resmi Jadi Penasihat E-Commerce Indonesia)

Perlu dukungan investasi yang besar untuk mengejar target tersebut, mengingat pada 2015, total transaksi e-commerce baru mencapai US$ 18 miliar. Mantan Direktur Utama Telkom tersebut menjelaskan Jack Ma mengambil peranan untuk menjelaskan kepada para investor di luar negeri. Dengan begitu, akan banyak investor yang percaya, apalagi dengan kompetensi Jack Ma.

"Kalau sekelas Jack Ma yang bicara mereka percaya," kata Rudiantara di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (31/8). 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...