Panggil Menteri, Jokowi Ingatkan Tarif PNBP Tak Beratkan Rakyat

Ameidyo Daud Nasution
31 Agustus 2017, 11:21
jokowi
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo bersiap memimpin rapat terbatas tentang perkembangan implementasi program pengentasan kemiskinan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (25/7). Presiden menekankan untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok di masyarakat dan pelaksan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil sejumlah menteri ke Istana. Beberapa yang hadir antara lain Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, hingga Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar.

Pemanggilan tersebut terkait perintah Jokowi agar penetapan tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Kementerian dan Lembaga (K/L) harus dihitung secara hati-hati. Hal ini lantaran harus adanya keseimbangan antara penerimaan negara dengan pemberian pelayanan kepada masyarakat.

"Intinya jangan membebani masyarakat," kata Sri Mulyani saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, usai bertemu Jokowi Rabu (30/8). 

(Baca: DPR dan Pemerintah Sepakat Target Pajak Turun Rp 30 Triliun Tahun Ini)

Sri mengatakan Presiden meminta Badan Layanan Usaha (BLU) yang bergerak di bidang pendidikan membuat struktur biaya operasi yang lebih baik. Tarif yang ditetapkan harus bisa dipertanggungjawabkan dan dijelaskan rasionalisasinya. Apa saja faktor atau komponen biayanya dan bagaimana dampaknya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...