Menhub Targetkan Rel Ganda Bogor-Sukabumi Dibangun 10 November

Ameidyo Daud Nasution
11 September 2017, 19:47
Kereta bandara
ANTARA FOTO/Lucky R.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan pembangunan jalur rel ganda yang menghubungkan Bogor - Sukabumi akan dimulai tahun ini. Kementerian Pehubungan menargetkan pembangunan rel ganda ini akan dimulai saat peringatan Hari Pahlawan tahun ini.

"Kami usulkan 10 November, tapi nanti dibicarakan lagi," kata Budi di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (11/9). (Baca: Pemerintah Akan Aktifkan Lagi Jalur Kereta Bogor-Cianjur-Bandung)

Untuk pembangunan infrastruktur kereta di Jawa Barat ini, kata Budi, pemerintah harus menyiapkan dana sekurangnya Rp 400 miliar. Namun, pemerintah juga membuka kemungkinan proyek rel ganda menggunakan skema pengembangan kawasan atau Transit Oriented Development (TOD).

Pembangunan proyek ini diharapkan bisa dilakukan, karena pemerintah telah menyiapkan anggarannya secara bertahap mulai tahun ini. "Rp 50 hingga Rp 100 miliar terlebih dahulu siap kami gunakan (dari anggaran 2017)," katanya.

Dia menjelaskan panjang jalur kereta dari Bogor ke Sukabumi yang sudah ada saat ini sekitar 50 kilometer. Meski tidak terlalu jauh, waktu tempuh kereta pada jalur tersebut cukup lama. Masalahnya rute yang dilalui kereta Bogor-Sukabumi cukup sulit, sehingga tidak bisa ditempuh dalam waktu singkat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...