"Kami usulkan 10 November, tapi nanti dibicarakan lagi," kata Budi
Kereta bandara
ANTARA FOTO/Lucky R.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan pembangunan jalur rel ganda yang menghubungkan Bogor - Sukabumi akan dimulai tahun ini. Kementerian Pehubungan menargetkan pembangunan rel ganda ini akan dimulai saat peringatan Hari Pahlawan tahun ini.

"Kami usulkan 10 November, tapi nanti dibicarakan lagi," kata Budi di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (11/9). (Baca: Pemerintah Akan Aktifkan Lagi Jalur Kereta Bogor-Cianjur-Bandung)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Untuk pembangunan infrastruktur kereta di Jawa Barat ini, kata Budi, pemerintah harus menyiapkan dana sekurangnya Rp 400 miliar. Namun, pemerintah juga membuka kemungkinan proyek rel ganda menggunakan skema pengembangan kawasan atau Transit Oriented Development (TOD).

Pembangunan proyek ini diharapkan bisa dilakukan, karena pemerintah telah menyiapkan anggarannya secara bertahap mulai tahun ini. "Rp 50 hingga Rp 100 miliar terlebih dahulu siap kami gunakan (dari anggaran 2017)," katanya.

Dia menjelaskan panjang jalur kereta dari Bogor ke Sukabumi yang sudah ada saat ini sekitar 50 kilometer. Meski tidak terlalu jauh, waktu tempuh kereta pada jalur tersebut cukup lama. Masalahnya rute yang dilalui kereta Bogor-Sukabumi cukup sulit, sehingga tidak bisa ditempuh dalam waktu singkat.

Makanya dalam teknis pengerjaan, Budi menekankan beberapa fokus pembangunan jalur rel ganda. Salah satunya adalah dengan mengurangi tikungan rel kereta. Selain itu kelandaian rel juga harus menjadi perhatian, lantaran rute kereta di Selatan Jawa Barat ini cukup sulit dilalui.

(Baca: Sepertiga Anggaran Kemenhub Untuk Danai Proyek Kereta Api)

 

Mengenai proyek rel ganda Bogor-Sukabumi ini, Presiden Joko Widodo telah memerintahkan Menhub Budi untuk memulai pengerjaannya tahun ini. Selain anggarannya telah tersedia, pembangunan proyek tersebut sangat dibutuhkan saat ini untuk memperlancar arus penumpang dan barang. 

Setelah pembangunan rel ganda Bogor-Sukabumi dimulai, Jokowi memerintahkan agar dilanjutkan pengerjaannya hingga Cianjur dan Bandung. Rencananya proyek tersebut akan dimulai tahun depan dan selesai pada tahun 2019 mendatang. 

"Sudah saya perintahkan kemarin untuk disurvei yang dari Sukabumi menuju Cianjur, menuju ke Bandung. Revitalisasi total dilihat lagi juga, kalau itu tahun berikutnya berarti 2019," ujarnya awal bulan ini.

Artikel Terkait
"Sehingga 2020 dapat langsung beroperasi," kata David
"Itu untuk meningkatkan kehidupan masyarakat Bali," kata Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta
sembilan bendungan tersebut adalah Jatigede, Titab, Paya Seunara, Teritip, Tanju, Raknamo, Bajulmati, Rajui, dan Nipah