Bos Lippo Optimistis Bisnis Properti Cerah Berkat Pertumbuhan Ekonomi

Ameidyo Daud Nasution
12 September 2017, 10:53
Properti 1
ANTARA FOTO/M. Agung Rajasa

Para pelaku bisnis properti memprediksi pasar properti Indonesia pada tahun ini membaik. Hal ini seiring pertumbuhan ekonomi yang terjaga, serta meredanya kondisi politik, khususnya usai Pilkada DKI Jakarta.

CEO Lippo Group James Riady mengatakan indikator makro ekonomi Indonesia masih menjadi salah satu yang terbaik di Asia Tenggara. Selain itu, masih adanya  kekurangan 11,4 juta unit rumah menjadi salah satu pangkal optimisme dunia usaha.

Advertisement

"Saya kira nature dan sikap perusahaan (properti) harus optimis apalagi pertumbuhan (ekonomi) mulai menuju seperti sebelum krisis," kata James saat acara BTN Property Award 2017 di Jakarta kemarin.

James juga mengatakan, industri properti harus mengantisipasi tumbuhnya pusat ekonomi baru di wilayah Bekasi hingga Karawang. Banyaknya pabrik yang berdiri di wilayah tersebut, menurutnya perlu direspons dengan penyediaan tempat tinggal dengan harga terjangkau bagi para pekerja. "Sudah saatnya ambil risiko dan ambil inovasi," ujarnya.

(Baca juga:  Bos Lippo Akui Belum Melengkapi Izin Megaproyek Meikarta)

Sementara Direktur Utama PT Jababeka Tbk Setyono Djuandi Darmono mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terhitung tinggi membuat adanya potensi properti untuk terus maju.

Menurutnya permintaan properti tidak akan surut. Pengusaha hanya perlu menyiapkan hunian yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, baik dari segi harga dan spesifikasinya. "Jika disediakan supply, maka demand akan segera datang," katanya.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...
    Advertisement