Upaya Pemulihan Satelit Selesai, Telkom Tetap Monitor Konektivitas

Michael Reily
12 September 2017, 16:53
Telkom
Arief Kamaludin|KATADATA
Telkom KATADATA|Arief Kamaludin

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. menyatakan proses pengarahan ulang 15.019 antena dari satelit Telkom-1 sudah selesai pada hari Minggu kemarin. Perusahaan telekomunikasi pelat merah ini menyatakan akan terus memonitor dan menjaga kestabilan layanan konektivitas pascapemulihan. 

"Telkom akan memonitor kestabilan layaan konektivitas setelah recovery Telkom-1," kata Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga saat konferensi pers di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Selasa (12/9). (Baca: Telkom Sewa Satelit Cina untuk Migrasi Pelanggan Telkom-1)

Advertisement

Hingga saat ini Telkom tercatat telah memulihkan layanan konektivitas sebanyak 15.019 titik antena. Terdiri dari 11.574 mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan 3.445 titik non-ATM. Alex mengaku biaya pemulihan ini ditanggung oleh Telkom, perhitungannya masih dilakukan oleh bagian keuangan.

Menurutnya, Telkom menggunakan tiga cara untuk menyelesaikan layanan. Sebanyak 81% titik menggunakan solusi pengarahan ulang antena parabola ke satelit lain, 14% menggunakan sistem pemanfaatan mesin, dan 5% sisanya menggunakan teknologi serat optik.

"Selain repointing antenna ground segment, Telkom juga memanfaatkan dua teknologi alternatif sebagai solusi sementara untuk mempercepat pemulihan," kata Alex. (Baca: Kemkominfo Ajukan Permintaan Penangguhan Slot Satelit Telkom 1)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement