Grup Astra Makin Serius Lebarkan Sayap di Bisnis Properti

Yuliawati
Oleh Yuliawati
13 September 2017, 18:58
apartemen
KATADATA /Agung Samosir
Salah seorang penjaga stand memperlihatkan peta pembangunan apartemen di Jakarta.

Grup Astra baru saja menambah porsi saham di perusahaan properti PT Astra Modern Land (AML) menjadi 67%. AML merupakan perusahaan patungan yang dibentuk PT Astra Land Indonesia (ALI) dengan grup PT Modernland Realty Tbk (MDLN). Langkah ini dianggap menunjukkan keseriusan Astra melebarkan sayap bisnis properti.

“Transaksi ini menunjukkan grup Astra serius di bisnis properti, sebagai grup besar Astra terus mencari pertumbuhan pendapatan,” kata Kepala Riset PT. Universal Broker Indonesia Satrio Utama dihubungi Katadata, Rabu (13/9).

Advertisement

(Baca: Selain Astra, Kini Salim 'Menguasai' Bisnis Air Bersih di Jakarta)

Astra Land dan Modern Land menandatangani perjanjian dalam bentuk Amended and Restated Conditional Land Transfer Agreement (ARCLTA) dan Conditional Share Subscription Agreement in Respect (CSSA) pada 8 September 2017. Transaksi ini dilaporkan ke Bursa Efek Indonesia pada Selasa (12/9).   (Baca: Astra Akan Akuisisi Ruas Tol Trans Jawa Milik Waskita Karya)

Modernland memiliki saham AML melalui PT Mitra Sindo Makmur (MSM). Sebelum kesepakatan ARCLTA dan CSSA, porsi saham MSM sebesar 50% di AML. Jumlah yang sama dimiliki Astra Land Indonesia. Setelah transaksi MSM akan memiliki saham sebesar 33% di AML. Sementara Astra Land menjadi 67% atau menjadi pemilik mayoritas.

(Baca juga:  Atasi Kampanye Hitam CPO, Astra Agro Genjot Ekspor ke Timur Tengah)

Lewat transaksi ini, MSM akan mengalihkan tanah seluas 665.918 meter persegi atau 66 hektar kepada AML untuk pengembangan Jakarta Garden City (JGC) yang terletak di jalan raya Cakung Cilincing, Jakarta Timur. Pengalihan tanah ini menjadi bagian dari modal yang akan ditempatkan dan disetor grup MDLN di AML. Nilai transaksi perjanjian ini mencapai Rp 3,179 triliun.

Halaman:
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...
    Advertisement