Para Menteri Koordinator Usul Kenaikan Anggaran untuk APBN 2018

Dimas Jarot Bayu
13 September 2017, 22:21
DPR KUR
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Menko Perekonomian, Darmin Nasution (tengah) bersama Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati (kiri), dan Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo (kanan) mengikuti rapat kerja dengan Komisi XI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (9/2).

Para Menteri Koordinator di Kabinet Kerja meminta peningkatan anggaran untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018. Mereka mengusulkan hal tersebut dalam Rapat Kerja bersama Badan Anggaran (Banggar) DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (13/9).

(Baca: RAPBN 2018, Anggaran Kemensos Naik Hampir Dua Kali Lipat)

Permintaan ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Darmin mengusulkan peningkatan anggaran hingga Rp 533,1 miliar dalam RAPBN 2018. Angka ini lebih besar dibandingkan dalam APBN-P 2017 yang hanya sebesar Rp 463,7 miliar. (Baca: RAPBN 2018, Jokowi Perbesar Dana Bantuan Sosial dan Subsidi)

Darmin mengatakan, permintaan tambahan anggaran tersebut dimaksudkan untuk mengerjakan berbagai penugasan, seperti pengembangan e-commerce, Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), progran keuangan inklusif, hingga paket kebijakan.

"Ada 10 program besar yang tidak hanya melulu soal kebijakan. Di dalamnya ada pelaksanaan dengan kementerian yang bertanggung jawab," kata Darmin.

Luhut meminta peningkatan anggaran pada 2017 mencapai Rp 300,3 miliar. Luhut mengatakan, anggaran tersebut dibutuhkan untuk mengerjakan sembilan program prioritas nasional yang diemban kementeriannya.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...