E-commerce Berpeluang Dongkrak Omzet IKM 80%

Michael Reily
14 September 2017, 18:23
UKM Bukalapak
Donang Wahyu | Katadata

Pemerintah mengajak pengusaha Industri Kecil dan Menengah (IKM) untuk memanfaatkan program e-smart untuk membuka akses pasar bagi produk mereka. Program ini adalah hasil kerja sama Kementerian Perindustrian dengan perusahaan e-commerce untuk memfasilitasi pengusaha kecil di platform mereka.

Direktur Jenderal IKM Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih menjelaskan, e-smart bakal bermanfaat untuk pengumpulan basis data pelaku IKM yang valid di Indonesia. "Kami mengimbau agar mereka terus meng-update data produk atau penjualan yang dilakukan online market," kata Gati dalam keterangan resmi, Jakarta, Kamis (14/9).

Data pelaku IKM dan penjualan dalam transaksi digital akan bermanfaat bagi evaluasi pemerintah. Analisa hasil evaluasi juga bisa menjadi dasar penyusunan kebijakan untuk pembinaan IKM.

(Baca juga: Startup Indonesia Sudah Bisa Tanamkan Pengaruh ke Luar Negeri)

Gati berharap program e-smart IKM dapat menjadi layanan yang bakal diandalkan oleh IKM dan bisa menjadi pengembangan menyambut era digital. Tapi, dia meminta pelaku usaha tetap memperhatikan kualitas produk supaya masyarakat percaya.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...