Jonan Beberkan Alasan Perlunya Insentif Pajak untuk Mobil Listrik

Anggita Rezki Amelia
20 September 2017, 19:45
Jonan
Arief Kamaludin | Katadata

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan pentingnya insentif pajak pada program mobil listrik. Dengan masih mahalnya mobil listrik, keberadaan insentif pajak ini diharapkan bisa menekan harga sehingga bisa lebih terjangkau masyarakat.

Salah satu contohnya adalah Tesla jenis S produksi dari Amerika Serikat. Jika tanpa adanya insentif pajak, harga mobil tersebut bisa mencapai Rp 2,5 miliar. Namun apabila Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) dan bea masuk dibebaskan, harga tersebut bisa turun menjadi sekitar Rp 750 juta hingga Rp 1 miliar.

Advertisement

Untuk itu, Jonan mengusulkan adanya pembebasan PPnBM dan bea masuk bagi mobil listrik kepada Presiden Joko Widodo. Dengan insentif tersebut harapannya bisa mendorong industri dalam negeri memproduksi mobil listrik.

(Baca: Jokowi Setuju Rencana Wajib Produksi Mobil Listrik Tahun 2025)

Insentif itu nantinya akan tertuang dalam sebuah regulasi, yang diharapkan bisa keluar secepatnya. “Ini kami usulan dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres). Kalau misalnya mobil listrik dibuat di Indonesia dan ada komponen yang diimpor, tolong komponen-komponennya semua dibebaskan bea masuk dan PPnBM," kata Jonan di Jakarta, Rabu (20/9).

Perpres ini nantinya akan menjadi acuan bagi industri dalam negeri mengembangkan mobil listrik. Perkiraannya, mobil listrik akan tumbuh secara masif mulai 2040. Apalagi pada saat itu mobil berbahan bakar fosil sudah tidak boleh berproduksi, kecuali bahan bakar dengan campuran etanol.

Di sisi lain jumlah Infrastruktur untuk menunjang mobil listrik perlahan mulai meningkat.Dari data milik PLN, sampai dengan pertengahan bulan September 2017 ini, jumlah Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) PLN di wilayah DKI Jakarta sudah mencapai 578 unit dan ditargetkan akan mencapai 1.000 unit pada akhir tahun.

Selain perkembangan jumlah, PLN juga akan terus berinovasi agar SPLU dapat semakin mudah digunakan dan diakses oleh masyarakat. Masyarakat juga dapat meminta kepada PLN untuk memasangkan SPLU di lokasi yang diinginkan agar kebutuhan energi listriknya terpenuhi.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement