Operasi Pabrik Krakatau Nippon Steel Mundur Jadi April 2018

Dimas Jarot Bayu
21 September 2017, 07:09
Aktivitas Pabrik Pengolahan Baja dan Besi
Arief Kamaluddin | Katadata
Ilustrasi pabrik baja. Pabrik baja Krakatau Nippon Steel Sumikin akan diresmikan April 2018.

PT Krakatau Nippon Steel Sumikin (KNSS), perusahaan patungan Nippon Steel and Sumitomo Metal Corporation dan PT Krakatau Steel Tbk (KS), akan meresmikan pabrik baja terutama untuk pasar otomotif pada April tahun depan. Rencana awal, pabrik akan beroperasi dan memulai aktivitas komersial pada September 2017.

"Jadi tadi melaporkan KNSS yang ada di Cilegon. Minta nanti waktu peresmian Pak Menteri menyediakan waktu. Tapi nanti (April) tahun depan peresmiannya," kata Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kemenperin I Gusti Putu Suryawirawan usai bertemu perwakilan KNSS di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Rabu (20/9).

Mayoritas saham KNSS dimiliki oleh Nippon Steel sebanyak 80%, sementara Krakatau Steel memiliki 20% saham.

Putu menuturkan, pabrik KNSS telah selesai dibangun sesuai target. Namun, masih memerlukan waktu untuk commissioning atau proses pengujian pabrik. Tahap ini diperlukan untuk memastikan seluruh instalasi peralatan yang terpasang di pabrik KNSS berfungsi dengan baik.

"Pabrik ini harus ada commisioning, harus dijalanin dulu, betul enggak output seperti ini dan sebagainya," kata Putu.

Proses pembangunan pabrik baja KNSS berlangsung sejak pertengahan 2015. Pabrik memiliki kapasitas 480 ribu ton per tahun. Pabrik dengan nilai investasi US$ 200 juta rencananya akan berfokus di sektor hilir.

Rencananya, pabrik tersebut akan memproduksikan berbagai flat product bagi industri otomotif terutama untuk pintu mobil.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...