Bertemu Pendiri Microsoft, Sri Mulyani Bahas Tiga Isu Teknologi

Desy Setyowati
22 September 2017, 11:40
Sri Mulyani
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A.
Menteri Keuangan Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menghadiri acara United Nations General Assembly di New York, Amerika Serikat. Di sela agenda tersebut, dia bertemu dengan istri pendiri Microsoft, Melinda Gates, salah satunya membahas inisiatif Pathways for Prosperity

Pathways for Prosperity merupakan kemitraan global untuk mengembangkan ide-ide baru mengenai masa depan pembangunan yang inklusif di era teknologi. Menurut Sri, Melinda dan suaminya, Bill Gates, merupakan filantrofis yang cukup peduli melihat peran dan pengaruh teknologi dalam upaya akselerasi pembangunan.

Advertisement

"Saya bersama Strive Masiyiwa dari Zimbabwe, dipilih menjadi co-chairs inisiatif global ini selama dua tahun ke depan," kata Sri melalui akun Instagramnya semalam (21/9).

Setidaknya ada tiga isu utama dalam pelaksanaan Pathways for Prosperity ini. Pertama, Understanding Change, yaitu mengenai cara untuk memahami konteks perubahan dalam hubungan antara pertumbuhan yang inklusif dan perkembangan teknologi. Bagi negara-negara yang muncul belakangan (late comer) dalam pembangunan ekonomi, isu ini menjadi penting.

Kedua, Policy Response tentang bagaimana penentu kebijakan dan semua pemangku kepentingan bersinergi dalam menyumbangkan ide, mengembangkan debat publik, dan membawa hasil penelitian terkini untuk membantu pemecahan masalah perubahan. KetigaSociety Readiness, yaitu bagaimana menyiapkan masyarakat negara-negara berkembang untuk mendorong pertumbuhan yang inklusif dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

Halaman:
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...
    Advertisement