Jadi Wakil Komut Pertamina, Arcandra Tak Ikut Evaluasi Blok Penugasan

Anggita Rezki Amelia
Oleh Anggita Rezki Amelia - Arnold Sirait
13 Oktober 2017, 15:04
Arcandra Tahar
Katadata

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar ternyata tidak terlibat dalam tim yang mengevaluasi blok minyak dan gas bumi (migas) yang akan berakhir kontraknya dan diserahkan ke PT Pertamina (Persero). Alasannya untuk menghindari konflik kepentingan.

Konflik kepentingan ini bisa terjadi karena selain memiliki posisi Wakil Menteri ESDM, Arcandra juga mempunyai posisi Wakil Komisaris Utama Pertamina. “Saya tidak boleh evaluasi karena dari Pertamina. Harus fair," kata Arcandra di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (13/10).

Alhasil, Arcandra pun enggan mengomentari mengenai nasib blok penugasan termasuk Sanga-sanga. Adapun saat ini, selain sudah diserahkan ke Pertamina, Blok Sanga-sanga juga masih diminati PT Saka Energi Indonesia. 

Sebagai gambaran, Arcandra resmi menjabat Wakil Komisaris Utama Pertamina sejak November 2016. Keputusan itu berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang dituangkan dalam salinan Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-254/MBU/11/2016.

Penghujung Agustus 2017 lalu, Menteri ESDM Ignasius Jonan juga pernah menyampaikan hal yang sama. Ia memang tidak melibatkan wakilnya itu untuk mengevaluasi blok migas yang sudah diserahkan kepada Pertamina.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...