Gubernur Jabar Ingin BUMD Ikut Kelola Pelabuhan Patimban

Miftah Ardhian
13 Desember 2017, 17:43
Menteri Transportasi Jepang, Keiichi Ishii, kunjungi lokasi Pelabuhan Patimban
Kementerian Perhubungan

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menyatakan keinginannya agar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dapat turut mengelola Pelabuhan Patimban. Saat ini, Aher menjalaskan, jajarannya terus melakukan terobosan agar Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut bisa segera berjalan.

"Insya Allah kami akan mengajukan bahwa Pemprov Jabar pun bisa dan siap ikut serta," ujar Aher saat ditemui di Pelabuhan Cirebon, Jawa Barat, Rabu (13/12).

Advertisement

Ia menyebut, terdapat beberapa BUMD yang diproyeksikan untuk bisa ikut masuk dalam proyek tersebut. Di antaranya, yang paling memungkinkan adalah PT Jasa Sarana atau anak usahanya. Aher juga tidak menutup kemungkinan akan mengkolaborasikan beberapa BUMD untuk bisa masuk ke proyek Pelabuhan Patimban.

Aher pun menjelaskan, jika memang akan dilakukan tender untuk menjadi bagian dalam pengelolaan pelabuhan tersebut, maka BUMD Jawa Barat siap berkolaborasi dengan pihak lainnya.

(Baca juga: Minat Jadi Operator Patimban, Astra Dekati BUMN dan Pemerintah

Hanya, Aher mengakui bahwa hingga saat ini  belum ada pembicaraan terkait dengan keterlibatan BUMD Jawa Barat untuk ikut dalam pengelolaan proyek tersebut.

Menurutnya, pelibatan BUMD Jawa Barat di proyek Peelabuhan Patimban akan menjadi suatu hal positif yang bisa diterima seluruh pihak. Aher mencontohkan, dalam pembangunan Bandara Kertajati, BUMD Jawa Barat telah ikut berpartisipasi.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement