Hindari Konflik Kepentingan, Jonan Rotasi 22 Pejabat Kementerian ESDM

Anggita Rezki Amelia
8 Januari 2018, 15:25
Jonan ESDM
Arief Kamaludin|KATADATA

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan kembali merotasi pejabat Kementerian ESDM. Kali ini, perombakan terjadi terhadap empat pejabat pimpinan tinggi pratama dan 18 pejabat administrator dan pengawas di lingkungan Kementerian ESDM.

Adapun tujuan rotasi ini adalah memaksimalkan potensi masing-masing personal. Selain itu juga menghindari adanya konflik kepentingan di antara pegawai.

Advertisement

Apalagi, jika dalam satu unit kerja masih ada hubungan keluarga. "Setiap unit kerja kalau masih saudara, suami istri, akan dipindah ke unit lain biar kinerjanya bertambah dan karirnya berkembang, juga tidak ada conflict of interest," ujar Jonan berdasarkan siaran resminya, Senin (8/7).

Selain itu, Jonan menegaskan kembali reformasi di Kementerian ESDM. Itu diwujudkan melalui pembentukan Badan Layanan Umum (BLU) pada Badan Penelitian dan Pengembangan ESDM (Balitbang) dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia ESDM (BPSDM).

Dengan begitu, Jonan menitipkan harapan kepada pimpinan BLU agar dapat berkembang maksimal. "Saya memilih dua orang eselon II yang menurut saya terbaik yang bisa saya harapkan untuk mendukung Lemigas dan P3TEK (Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi) lebih maju," ujar dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement