Menteri BUMN dan Wagub DKI Bahas Hunian Terintegrasi dan LRT

Ameidyo Daud Nasution
8 Januari 2018, 13:55
Sandiaga Uno
Arief Kamaludin | Katadata

Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno serta Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta melakukan lari bersama pagi ini di seputaran Monas. Usai kegiatan tersebut, keduanya menyantap bubur bersama di sebuah restoran di wilayah Pecenongan, Jakarta Pusat.

Selain sarapan bersama, keduanya juga menggelar rapat dengan beberapa Direktur Utama BUMN, terlihat Dirut yang hadir Dirut PT PP (Persero) Tbk. Tumiyana, Sekretaris Kementerian BUMN Imam A Putro, hingga Deputi Bidang Usaha Konstruksi Sarana dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN Ahmad Bambang.

Ada beberapa hal yang dibahas, mulai dari pengembangan kawasan transportasi yang terintegrasi dengan properti atau Transit Oriented Development (TOD) di stasiun hingga rencana PT Ratu Prabu Energi Tbk. berinvestasi pada proyek Light Rail Transit (LRT) atau kereta ringan Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodetabek).

Sandiaga mengatakan dirinya membahas pengembangan TOD, terutama di stasiun Senen, Tanah Abang, Manggarai, Gambir, hingga Juanda. Proyek tersebut akan dilakukan dengan kerja sama BUMN dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). 

Beberapa proyek akan segera dipercepat pembangunannya, yakni TOD Stasiun Tanah Abang yang digarap PT PP (Persero) Tbk. serta TOD Stasiun Senen. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan mendukungnya dari segi perizinan dan integrasi antar moda transportasi.

"Serta dalam penyediaan rumah dengan harga terjangkau melalui Down Payment (uang muka/DP) 0 persen," kata dia. (Baca: Anies Akan Gandeng Program Sejuta Rumah Jokowi dengan DP 0 Rupiah)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...