Enam Menterinya dari Alumni UI, Jokowi: Gudangnya Orang Pintar

Ameidyo Daud Nasution
2 Februari 2018, 11:17
Jokowi
Rusman | Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berterima kasih kepada Universitas Indonesia. Lulusan kampus ini telah menyumbang sebanyak enam orang untuk menjadi menteri yang pembantu Jokowi di Kabinet Kerja.

Tercatat, para alumni UI tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Sri Mulyani, serta Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro.

Kemudian Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, serta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Bambang, Sri Mulyani, Serta Darmin merupakan alumni Fakultas Ekonomi UI, Puan merupakan alumni FISIP UI, Sofyan merupakan alumni Fakultas Hukum UI. Sedangkan Nila adalah dokter jebolan Fakultas Kedokteran UI.

"Saya ingin ucapkan terima kasih kepada UI sebab UI menyumbang Menteri terbanyak di Kabinet Kerja," kata Jokowi dalam pidato Dies Natalie UI ke 68 di Balairung UI, Depok, Jumat (2/2).

Bukan hanya enam Menteri tersebut, Jokowi juga menyebut Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko juga alumni program doktoral UI. Dua orang yang sering berkomunikasi cukup intensif dengan Presiden, yakni Sukardi Rinakit dan Johan Budi juga alumni UI.

"Ini menunjukkan UI merupakan gudang orang pintar dan sumber inspirasi Indonesia untuk maju," kata dia.

Dirinya berharap UI terus dapat memacu kreatifitas mahasiswa dan dosen di era revolusi industri 4.0 ini. Caranya dengan menyediakan fasilitas pendukung mahasiswa dan dosen, berkolaborasi dalam berinovasi, hingga mempublikasikan produk riset.

"Cara kerja harus inovatif," kata Jokowi.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...