Industri Minta Hambatan Akses Transportasi dan Logistik Ditekan

Michael Reily
1 Maret 2018, 19:58
To Jakarta-Cikampek
ANTARA FOTO | Risky Andrianto
Pengerjaan infrastruktur di jalan Tol Jakarta-Cikampek


Hambatan akses transportasi dan logistik masih menjadi tantangan industri saat ini, tak terkecuali bagi industri kendaraan komersial. Karenanya kelancaran arus barang saat ini dinilai penting sebagai salah satu faktor pendukung pencapaian target ekspor kendaraan komersial tahun ini yang diharapkan mencapai 35 ribu unit.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meminta agar industri diberikan kelancaran akses transportasi, termasuk pada kendaraan komersial sebagai alat pengangkut logistik.

Advertisement

(Baca : Infrastruktur Menggeliat, Penjualan Kendaraan Komersial Meningkat)

“Kendaraan komersial sangat mendukung industri logistik sehingga kelancaran arus barang menjadi kunci,” kata Airlangga di Jakarta Convention Center, Kamis (1/3).

Menurutnya, selain kondisi infrastruktur jalan yang diakuinya masih terbatas dan menghambat proses  pengiriman, hambatan transportasi akan mempengaruhi daya saing industri. Pasalnya, terkait larangan arus barang menjelang hari raya sempat  mengakibatkan produksi dan ekspor kendaraan menurun karena sebagian pabrik menghentikan produksinya selama dua minggu.

Berdasarkan catatan Gaikindo, ekspor kendaraan komersial pada 2017 mencapai sebesar 27.358 unit naik 9% dari realisasi tahun sebelumnya. Sementara pada tahun ini ekspor kendaraan komersial diharapan bisa mencapai 35 ribu unit.

Airlangga mengusulkan waktu pembatasan pengiriman barang menjelang hari raya bisa dipersingkat. Sebab industri butuh suplai berkelanjutan agar produksi kendaraan serta ekspor bisa meningkat. “Kalau ada gangguan perlu dipikirkan, karena jalan dari kawasan industri menuju pelabuhan perlu akses,” tuturnya.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement