Poltracking: Dukungan Gerindra dan PKB Tidak Solid untuk Gus Ipul-Puti

Yuliawati
Oleh Yuliawati
19 Maret 2018, 13:11
Cagub Saifullah Yusuf - Puti Guntur Soekarno
ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Bakal calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (kanan)-Puti Guntur Soekarno (kedua kiri) mengepalkan tangan saat mendaftar di Kantor PDI Jawa Timur, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (10/1).

Survei Poltracking Indonesia menunjukkan elektabilitas calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak sebesar 42,4%, unggul dari pasangan Saifullah Yusuf- Puti Guntur Soekarno (35,8%), dengan undecided voters (21,8%). Survei menyebutkan pemilih dari partai pendukung Gus Ipul-Puti yakni Partai Kebangkitan Bangsa dan Gerindra tidak solid mendukung keduanya bila diadakan pemilihan gubernur Jawa Timur dalam periode survei 6-11 Maret 2018.

“Terjadi anomali (split-ticket voting) peta persebaran suara pasangan Gus Ipul – Puti Guntur berdasarkan basis politiknya,” kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda dalam siaran pers, Senin (19/3).

(Baca juga: Palagan Terakhir Khofifah di Pilgub Jatim)

Hanta mengatakan responden berasal dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang notabene partai pengusung utama Gus Ipul-Puti justru mayoritas (50,5%) memilih pasangan Khofifah-Emil. Hal yang sama terjadi dengan pemilih Gerindra – partai yang juga mengusung Gus Ipul dan Puti – sebagian besar pemilihnya yakni 52,2% justru memilih pasangan Khofifah-Emil.

“Sementara itu, pemilih partai-partai yang mengusung pasangan Khofifah-–Emil terlihat solid dengan rata-rata 60% pemilihnya juga mendukung pasangan terkait,” kata Hanta.

Survei juga menunjukkan dari 54,9% responden yang menyatakan warga Nahdliyin yang berkorelasi dengan PKB, sebanyak 45,3% memilih pasangan Khofifah – Emil. Sementara, hanya 37,7% warga Nahdliyin memilih pasangan Gus Ipul – Puti Guntur.

Halaman:
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...