Kemenangan Gus Ipul dan Khofifah Akan Ditentukan Elektabilitas Cawagub

Dimas Jarot Bayu
21 Maret 2018, 17:46
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa
ANTARA FOTO/Reno Esnir
Khofifah Indar Parawansa (kanan) dan Bupati Trenggalek Emil Elistyanto di kantor DPP Golkar, Jakarta, Rabu (22/11).

Lembaga survei Charta Politica merilis hasil survei elektabilitas dalam pemilihan calon gubernur Jawa Timur yang menunjukkan pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) - Puti Guntur Soekarno bersaing ketat melawan Khofifah Indar Parawansa - Emil Elistianto Dardak. Elektabilitas Gus Ipul - Puti sementara unggul sebesar 44,8% atau menang tipis 6,7% dibandingkan Khofifah - Emil yang mendapat perolehan suara sebesar 38,1%.

Dalam survei pada 3-8 Maret 2018 ini, Charta Politica melibatkan 1200 responden di seluruh Jawa Timur. Metode yang digunakan multistage random sampling dengan margin of error +/- 2,8% dan tingkat kepercayaan 95%. Quality control dilakukan terhadap 20% sampel.

Advertisement

Gus Ipul - Puti secara geografis unggul di empat wilayah, yakni Arek (46.1%), Tapal Kuda (42.5%), Mataraman (45.8%), dan Madura (43.9%). Wilayah Arek meliputi Gresik, Kota Surabaya, Kota Batu, Malang, Mojokerto, Jombang, dan Sidoarjo.

(Baca juga: Poltracking: Dukungan Gerindra dan PKB Tidak Solid untuk Gus Ipul-Puti)

Tapal Kuda meliputi Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, Bondowoso, Jember, Lumajang, dan Banyuwangi. Mataraman meliputi Pacitan, Madiun, Magetan, Ponorogo, Trenggalek, Nganjuk, Kediri, Ngawi, Blitar, dan Tulungagung. Sementara, Madura meliputi Bangkalan, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep.

"Sementara pasangan Khofifah Indar Parawansa – Emil Elistianto Dardak unggul di wilayah Mataraman Pesisir sebesar 50,8% yang meliputi Bojonegoro, Tuban, dan Lamongan," kata Direktur Eksekutif Charta Politica, Yunarto Wijaya di Hotel Atlet Century, Jakarta, Rabu (21/3).

Berdasarkan hasil survei, sebanyak 68% responden merasa dekat dengan Nahdlatul Ulama (NU). Dari angka tersebut, 42,5% responden cenderung memberikan dukungannya pada Gus Ipul - Puti. Hanya 35,3% dari responden yang merasa dekat dengan NU memberikan dukungannya kepada pasangan Khofifah-Emil.

Yunarto menilai elektabilitas kedua pasangan calon tersebut dalam PIlkada Jawa Timur masih belum aman. Sebab, elektabilitas Gus Ipul dan Khofifah saat ini hanya terpaut tipis di bawah 10%.

Selain itu, masing-masing pasangan calon belum ada yang memiliki elektabilitas di atas 60%. Padahal, Yunarto menganggap angka itu sebagai syarat untuk memastikan kemenangan dalam Pilkada.

(Baca juga: Palagan Terakhir Khofifah di Pilgub Jatim)

Adapun, elektabilitas Gus Ipul dan Khofifah sendiri dianggap mentok dengan popularitas keduanya cukup tinggi. Berdasarkan survei Charta Politica, popularitas Khofifah saat ini sebesar 92,9% dengan tingkat kesukaan sebesar 87,8%. Sementara, popularitas Gus Ipul saat ini sebesar 91,7% dengan tingkat kesukaan mencapai 85,4%.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement