Di Tengah Kompetisi Ketat, Indosat Raih Laba Rp 1,1 Triliun

Muchamad Nafi
30 Maret 2018, 15:37
Indosat
Arief Kamaludin|KATADATA
Indosat

Persaingan di industri telekomunikasi makin ketat, terutama dalam layanan data selular. Walau demikian, PT Indosat optimistis bisa mempertahankan posisinya sebagai salah satu pemain terbesar di Tanah Air. Setidaknya hal itu diperlihatkan dari laba bersih dan pendapatan yang diperoleh operator dengan brand Indosat Ooredoo itu sepanjang tahun lalu.

President Director & CEO Indosat Ooredoo, Joy Wahjudi, menyatakan laba bersih perusahaan yang dipimpinnya pada 2017 mencapai Rp 1,1 triliun, naik 2,8 persen dari tahun  sebelumnya. Dengan perolehan tersebut, hal itu menandakan pertumbuhan positif selama tiga tahun berturut-turut.

Naiknya keuntungan tersebut seiring pertumbuhan pendapatan yang bertambah 2,5 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Indosat juga membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp 29,9 triliun, terutama didukung oleh pendapatan segmen B2B atau MIDI sekitar 10 persen dan seluler 1,7 persen. 

(Baca pula: Para Direktur Dikabarkan Undur Diri, Indosat Bantah)

Sementara itu, pendapatan dari layanan data seluler melejit hingga 40,2 persen dari 2016 menjadi Rp 14,5 triliun. Seacra lebih detail, jumlah itu berasal dari pertumbuhan pengguna smartphone, yang pada akhir 2017 Indosat memiliki 73 juta pengguna smartphone. Dengan peroleh itu, kontribusi pendapatan data seluler sekitar 60 persen dari total pendapatan seluler.

“Awalnya, dengan berbagai tantangan industri yang amat kompetitif, kami memprediksi bahwa perusahaan akan sulit tumbuh,” kata Joy Wahjudi dalam keterangan resmi yang diterima Katadata, Kamis (29/3/2018). “Namun dengan berbagai inisiatif dalam meningkatkan efisiensi operasional, fokus terhadap strategi, transformasi bisnis dan organisasi, serta marketing produk yang agresif telah memberikan hasil menjanjikan.”

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...